Review Website

6 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Saat hamil, aktivitas Ibu tidak sama seperti sebelumnya. Ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda karena bisa memicu kelelahan, fisik menjadi lemah hingga keguguran.

Bukan berarti selama hamil tidak boleh melakukan kegiatan ya tapi dibatasi. Biasanya saat hamil muda, tubuh lebih rentan karena di minggu-minggu awal Ibu akan mengalami morning sickness. Mual-mual, mood tidak stabil, lemas adalah sebagian efek dari morning sickness.

Agar tetap sehat, Ibu sebaiknya menghindari beberapa kegiatan ini selama hamil muda.

6 Kegiatan yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda

  • Olahraga kontak

Olahraga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Tapi, saat hamil muda sebaiknya menghindari untuk melakukan olahraga kontak.

Menurut The American College of Obstetrician and Gynecologist, sebaiknya Ibu hamil tidak melakukan olahraga kontak seperti tinju dan sepakbola. Karena bisa menyebabkan solusio plasenta. Yaitu kondisi di mana terjadinya pemisahan plasenta dari dinding rahim. Dan ini bisa membuat Ibu mengalami keguguran, kelahiran prematur hingga bayi meninggal dalam kandungan.

  • Bak air panas, sauna

Memang sih mandi di bak air panas maupun sauna bisa membuat tubuh relaks tapi para dokter tidak menganjurkan Ibu hamil untuk melakukannya.

Menurut The American Pregnancy Association, bak air panas bisa menyebabkan hipertermia atau kenaikan suhu tubuh secara abnormal di mana bisa berefek terjadinya kelainan bawaan pada bayi.

Selain itu aktivitas yang bisa menaikan suhu tubuh yang tidak boleh dilakukan oleh Ibu hamil antara lain yoga, pilates, berjemur terlalu lama.

  • Mengangkat barang berat

Sangat tidak anjurkan saat hamil muda Ibu melakukan pekerjaan seperti mengangkat barang berat di mana pun. Karena saat hamil, perubahan hormon membuat ligamen dan sendi menjadi lemah. Efeknya, Ibu rentan untuk mengalami cedera.

Kondisi serius seperti persalinan prematur, air ketuban pecah dini, perdarahan akan terjadi apabila Ibu melakukan kegiatan mengangkat atau memindahkan barang berat.

  • Membersihkan kotoran kucing

Ibu memiliki kucing di rumah? Ada baiknya saat hamil muda menghindari untuk membersihkan kotorannya.

Perlu Ibu ketahui, di kotoran kucing terkandung parasit Toxoplasma gondii. Dan Ibu bisa terkena toksoplasmosis. Efeknya seperti kelahiran prematur, janin akan mengalami kerusakan organ mata, kulit maupun otak.

  • Memakai hak tinggi

Jika Ibu ke kantor biasa memakai hak tinggi, saatnya menggani dengan flat shoes selama masa kehamilan. Menggunakan hak tinggi bisa membuat Ibu rentan cedera, terpeleset maupun kaki bengkak.

  1. Berdiri terlalu lama

Berdiri ataupun duduk terlalu lama akan menyebabkan Ibu merasakan nyeri punggung, pegal di kaki, nyeri, pembengkakan kaki. Ini biasa terjadi saat Ibu memasak.

Untuk menyiasati hal ini saat memasak, Ibu bisa melakukan kegiatan menyiapkan bahan sambil duduk. Tentunya ini bisa mengurangi waktu Ibu berdiri untuk memasak.

Beberapa kegiatan di atas memang terkesan sepele, tapi percayalah Ibu justru kegiatan tersebut bisa memberi efek negatif bagi tubuh. Semoga membantu Ibu ya dalam menjaga kesehatan selama hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *