film streaming peliculas online ver pelicula online peliculas online gratis peliculas online hd peliculas hd online peliculas hd latino online filme moca hd cine hd online
peliculas online peliculas4 peliculas online latino peliculas en linea peliculas online gratis ver cine gratis cine online gratis peliculas de cine cine gratis latest movies play online games play games filme online seriale online seriale subtitrate seriale filme online seriale filme

Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 4)

Alhamdulillah setelah lebih dari sebulan sibuk dengan urusan dunia, malam ini saya bisa melanjutkan rangkuman buku istimewa berjudul Misteri Shalat Shubuh karya DR. Raghib As-Sirjani. Rangkuman ini adalah bagian ke-6 dari keseluruhan isi buku dan bagian ke-4 dari Bab 3 yaitu Menakar Nilai Shalat Shubuh.

Bagian ke-1, ke-2, dan ke-3 telah membahas betapa shalat shubuh tak ternilai harganya. Bagian ke-4 ini kembali memuat nilai-nilai shalat shubuh yang sangat agung. Semoga semakin menambah motivasi kita untuk berlomba-lomba mendapatkan keutamaannya. Amin.


Waktu yang menjadi saksi

Allah SWT tidak pernah bersumpah dalam kitabNYA dengan waktu shalat kecuali shalat shubuh dan ashar. “Demi fajar, dan malam yang kesepuluh” (Al-Fajr : 1-2).

Abu Hurairah mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Shalat berjamaah lebih utama dari shalat salah seorang dari kamu yang sendirian, berbanding dua puluh lima lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat shubuh.” (HR. Bukhari)

Perhatikanlah bagaimana Allah meninggikan derajat shalat ini dan menjadikannya sebagai waktu pertemuan para malaikat penjaga malam dan siang.

Kemudian naiklah apra malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka bertanya (padahal Dia lebih mengetahuinya), ‘bagaimana keadaan hamba-hambaKU ketika kalian tinggalkan?’, malaikat menjawab, ‘kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami jumpai mereka dalam keadaan shalat juga’.” (HR. Bukhari).

Coba renungkan sejenak bila malaikat berkata pada Allah : “kami menemukan si-A sedang shalat shubuh berjamaah sementara si-B kami temukan sedang lelap dalam tidurnya, shalat shubuh bukan menjadi prioritasnya dan ia kurang perhatian dalam hal ini

Perbedaan yang sangat jauh! anda ingin seperti si-A atau si-B? silahkan anda pilih.

Berada dibawah lindungan ALLAH

Rasulullah SAW memberi janji, bila shalat shubuh anda kerjakan, maka Allah akan melindungi anda seharian penuh.

Barangsiapa yang menunaikan shalat shubuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janjiNya. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat shubuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka” (HR. Muslim, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Anda akan merasakan percaya diri pada hari yang dimulai dengan shalat shubuh. Anda akan lebih tegar menghadapi hari karena anda yakin anda dalam lindungan Raja dari semua raja, yang menciptakan segala kehidupan. Lalu apalagi yang anda inginkan? semua ini diperoleh hanya dengan shalat dua rakaat!.

Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat” (Al-Hajj : 38)

Muara Ilmu dan Iman

Rasulullah SAW menjadikan shalat shubuh sebagai kesempatan mengajarkan kebaikan pada para sahabatnya. Beliau seringkali menyampaikan pelajaran dan penjelasan tentang berbagai hal setelah shalat shubuh.

Shalat shubuh menjadi salah satu sarana penting dalam tarbiyah karena shalat shubuh merupakan saat-saat ketika hati dan pikiran sedang jernih. Bahkan para malaikat pun menjadi saksi bari orang-orang yang berada dalam rumah Allah dan membicarakan kalam Ilahi.

Dalam sebuah hadits riwayah Abu Hurairah RA, suatu hari selepas shalat shubuh Rasulullah SAW bertanya pada para sahabatnya, “siapa diantara kalian yang puasa hari ini?” Abu Bakar menjawab, “saya“. “Siapa diantara kalian yang mengantarkan jenazah hari ini?” Abu Bakar menjawab lagi, “saya“. “siapa diantara kalian yang sudah memberi makan fakir miskin hari ini?” Au Bakar menjawab, “saya“. Lalu Beliau bertanya lagi, “siapa yang sudah menjenguk orang sakit hari ini?” lagi-lagi Abu Bakar menjawab, “saya“. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “tidak terkumpul semua ini dalam diri seseorang kecuali ia akan dimasukkan kedalam surga” (HR. muslim).

Bisa anda bayangkan, kapan Abu Bakar Ash-Shiddiq RA bagun, sehingga bisa mengerjakan semua itu?

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bertanya pada Bilal selepas shalat shubuh : “Wahai Bilal, beritahu aku apa yang paling engkau andalkan yang selalu engkau kerjakan, sampai-sampai aku mendengar suara sandalmu didepanku dalam surga“, Bilal menjawab, “tidak ada amalan yang paling saya harapkan untuk dapat melakukannya melainkan mendirikan shalat sebanyak mungkin setiap kali habis berwudhu, baik diwaktu siang atau malam. Selama saya masih dalam keadaan berwudhu” (HR. Al-Bukhari)

Kadangkala Rasulullah menceritakan pada sahabat-sahabatnya berbagai kisah mengasyikkan untuk menghilangkan rasa kantuk yang seringkali menyelimuti mereka.

Diriwayatkan oleh Al-Irbadh bin Sariyah RA, “suatu hari Rasulullah mengimami kami shalat shubuh, lalu beliau menghadap pada kami dan memberi nasehat indah dan berharga sekali, sehingga air mata kami bercucuran dan hati kami tergetar” Lalu ada yang berkata, “wahai Rasulullah, seolah-olah ini adalah nasihat perpisahan, maka apa pesan Anda kepada kami?”

Rasulullah SAW bersabda, “Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, mendengar dan taat, walaupun kepada seorang budak dari Habasyah. Sesungguhnya berangsiapa diantara kalian yang hidup setelahku akan melihat perselisihan yang banyak, maka berpeganglah pada sunnahku, dan sunnah Khulafa’urrasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah ia, dan gigit erat dengan gerahammu, dan jauhilah segala yang pembaruan (dalam ibadah), karena suatu yang baru aalah bid’ah dan semua bid’ah adalah sesat” (HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan Ad-Darimi)

Semua kisah-kisah tadi menunjukkan bahwa Rasulullah SAW senantiasa beramah tamah dengan sahabatnya selepas shalat shubuh dalam rangka membimbing, mendidik dan menjelaskan ajaran-ajaran agama pada mereka.

Tentunya ini semua menjadi faktor pendorong bagi siapa saja, termasuk saya dan anda yang dalam hatinya muncul keraguan, agar tidak tertinggal dalam melaksanakan shalat shubuh.

Walluhu’alam.

Bersambung ke Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 5) - Segera

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

84 Responses to “Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 4)”


  1. 1 katakataku

    interesting :D

  2. 2 BambangOke

    Sebelumnya maaf mas,
    saya cuma mau ngasih tau
    kok pas saya buka web ini avira saya mendeteksi adanya virus atau malware gt

    thanks

    screenshoot : http://i28.tinypic.com/11ui0bq.jpg

    wah makasih banyak mas bambang, saya langsung laporkan ke admin hostingnya. sekali lagi terimakasih :)
    dijawab pada : Selasa, 21 Juli 2009 09:06:52
  3. 3 Rusli Zainal Sang Visioner

    Lanjut Mas.. semoga ini dpat brmanfaat utk kita semua.
    terutama bagi saya yg sholatnya masih kembang kempis :P

    iya mas, semoga saya diberi kekuatan untuk melanjutkannya. tinggal dikit kok :)
    dijawab pada : Selasa, 21 Juli 2009 09:06:15
  4. 4 Zniper

    Benar-benar rajin, semoga kebaikan mas dibalas oleh yang Maha Kuasa…

  5. 5 mamas86

    Shalat shubuh memang banyak sekali manfaatnya…

  6. 6 alhejawi

    Terima kasih atas artikelnya, semoga bermanfaat bagi banyak orang…

  7. 7 wisata seo sadau

    ternyata janji dan jaminan Allah luar biasa banget ya mas? sekalian komentar nyari backlink mending kirim do’a semoga kita yang nulis dan yang baca artikel ini mendapat kekuatan dan ketulusan menjalankan ibadah Shalat Shubuh.

    amin :)
    dijawab pada : Rabu, 22 Juli 2009 15:41:31
  8. 8 Rusli Zainal Sang Visioner

    Di mushola saya kalo jamaah subuh jama’ah laki-lakinya cuma saya dan mertua saya. Kalo perempuannya alhamdulillah banyak.

  9. 9 alfon

    sebuah artikel yang menyejukan hati mas thanks banget ya

  10. 10 batu alam

    kenapa yach…sholat subuh adalah sholat yang sulit dikerjakan manusia padahalkan banyak keistimewanya… batu Alam

  11. 11 Nasir

    subhanallah…indahnya shalat subuh ya…?!

  12. 12 bobby

    makasih dah ingetin skaligus bagi ilmu mas…..

  13. 13 Belajar SEO Para Pemula

    akhirnya keluar juga nih yang bagian 4…hehe…

    nih buku makin jauh makin keren aja…pengen baca…huaaaa…..

    iya mas sori kelamaan, sebulan lebih. semoga bagian 5 nya segera dipost :)
    dijawab pada : Rabu, 22 Juli 2009 15:27:39
  14. 14 moratmarit

    Waduu,,capek bacanya..:))
    ditunggu bos Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 5)..:)

  15. 15 Mega Kuningan Bombing

    Dalam banget…

  16. 16 Sang Visioner

    wah…ini bukan musuh ane..dalem banget pengetahuan agamanya….

  17. 17 siray

    ijin ya Pak :))

  18. 18 Company Car Hire

    Di mushola saya kalo jamaah subuh jama’ah laki-lakinya cuma saya dan mertua saya. Kalo perempuannya alhamdulillah banyak.

  19. 19 Diah

    makasih banget mas tipis..
    Kadang persoalan dunia menutup semuanya..

    Sekali lagi makasih banget info yg sangat2 berguna ini :)

  20. 20 Kuliah Gratis

    Sebuah artikel yang mencerahkan

    mantab………….

  21. 21 Siti Humaidah

    Semoga bagian 5 nya cepat terselesaikan.

  22. 22 Siti Humaidah

    Setelah baca 1 2 3 4 saya menanti yang ke 5

  23. 23 Hannah-free ads

    Benar-benar rajin, semoga kebaikan mas dibalas oleh yang Maha Kuasa…

  24. 24 achmad sholeh

    Memang kalau untuk sholat subuh godaannya paling berat bagi orang awam kayak saya, salam kenal mas

  25. 25 Ibnu

    artikelnya semacam oase ditengah gurun buat saya yang sholatnya masih acak kadut… ditunggu nih mas episode selanjutnya…

  26. 26 pentassoft.com

    hehehe…
    biasanya sholat subuh jam 8 pagi….

  27. 27 busana muslim

    betul mas, saya sering dengar dr p ustad saya betapa istimewanya sholat subuh itu.
    seandainya umat Islam melakukan sholat subuh seperti halnya sholat jumat maka dunia ini di genggaman kita

  28. 28 alnect komputer mp3 player berkualitas

    inget waktu kecil..rajin sholat subuh di masjid…udah tua gini kok malah jarang ya..hiks. sedih bos….thanks ya..jd ingat..

  29. 29 OOM

    wah sip ini san, mantap kuliahnya :D

  30. 30 pucca

    ilmunya sangat bermanfaat mas ..
    saya tunggu bagian 5 nya …

  31. 31 Kombes.Com Bookmarking

    Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  32. 32 kodil

    benar-benar bermanfaat mas tip-tip nya..tq mas

  33. 33 streovanka

    thank for the info

  34. 34 cerita naruto

    wah ayo kita bertobat
    laksanakan solat

  35. 35 berita unik

    gara2 blogging saya juga bangun subuh solat sekalian BW
    ^^

  36. 36 Belajar SEO Para Pemula

    wah ini mantab kali infonya….thank’s ya…

  37. 37 Simon Wilby

    This drives my interest on your subject.

  38. 38 bloggebo

    tulisan yang benar benar memotivasi saya. Kadang kadang saya malu juga, soalnya pas jam sholat shubuh eh malah enak enakan molor,,, hiks hiks,,,

    http://bloggebo.com

  39. 39 Stop Dreaming Start Action

    wah, mari sama2 perbaiki kulitas sholat kita :D. subuh2 kok masih dreaming, segera action untuk sholat :D

  40. 40 horse racing betting systems

    Nice very inspiring post.There are few blogs on such mythological topic. Its good.

  41. 41 skin surgery

    Terima kasih atas artikelnya, semoga bermanfaat bagi banyak orang…

  42. 42 Indonesian Furniture-Jepara Furniture Manufacturer

    itu pak aku usul satu lagi..klo bisa satu artikel berkenaan dengan sholat malam dan rahasiah mandi di sepertiga malam sebelum sholat tahajud

    wah makasih mas sarannya. sangat dipertimbangkan :)
    dijawab pada : Jum’at, 31 Juli 2009 09:16:47
  43. 43 Bingo Live

    wah sip ini san, mantap kuliahnya :D

  44. 44 bingo live free

    aus slam walekum.

  45. 45 Conveyancing quote

    I feel very glad to know about this. Very nice and very spiritual article.

  46. 46 international hot news

    Terima Kasih mas, postingannya membuat saya bermuhasabah…
    jazakallah khair

  47. 47 www.gzon.us mencari pemilik

    saya juga udah baca bukunya, senang kalo ada yang ngerangkum dan share dengan saudara yang lain.. :D

  48. 48 Dwi

    Boz klo abz shlt subuh trz tdr lg kok kpala saia pusing ya..

  49. 49 berita ekonomi

    wah..alhamdulillah mas.saya jadi merasa tenang dan nyaman pas baca tulisan mas..kasih tau bacaan dan tips yang lain ya tentang keutamaan agama islam mungkin

  50. 50 Online free ads posting

    Terima Kasih mas, postingannya membuat saya bermuhasabah…

  51. 51 Risefa

    Subhanallah Maha suci Engkau Ya Allah. ternyata sholat subuh sangat besar fadhilahnya bagi dunia dan akherat. aku jadi malu baca artikel anda. soalnya aku jarang sekali sholat subuh berjamaah.

    sangat bermanfaat artkelnya.

  52. 52 mengembalikan jati diri bangsa Indonesia

    subhanallah…
    makasih infonya mas..
    artikelnya bagus…
    tak tunggu tulisan berikutnya mengenai sholat shubuh

  53. 53 Aneuk Nanggroe

    Ya Allah…!! sy belum bisa mencintaimu, dg benar.!!!
    Ampunilah aku.???
    Postingnya bermamfaat banget..! sy jadi malu

  54. 54 diachra

    selain itu juga, bangun di pagi hari dan melaksanakan shalat subuh juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran

  55. 55 kadocinta

    sangat bermanfaat..!

  56. 56 Makanan khas daerah

    terimakasih mas,saya jadi sadar dan insya Allah.org yg udah baca bisa sadar dan berubah jadi lebih baik dan baik lagi.

  57. 57 Dudy Adityawan

    Solat shubuh banyak manfaatnya, selain itu pahalanya jg paling besar ada 2 sholat yang besar pahalanya Shubuh dan Isya.

  58. 58 m4rt1n

    bagus juga infonya, harus lebih giat neh, semangat

  59. 59 stop dreaming start action

    makasih atas pencerahannya

  60. 60 Jhon

    Manthab ne artikelnya….
    soalx aq ne jrang bngt sholat Shubuh….

  61. 61 Freedom

    Alhamdulillah…

  62. 62 Bisnis Pulsa

    Subhanallah Maha Besar Allah, sungguh sangat bermanfaat artikelnya,..terima kasih mas

  63. 63 facebook yahoo answer indonesia

    alhamdulillah..

  64. 64 fb gokil login facebook.com indonesia, fb facebook.com login

    thanks udah mau share om, nice post.

  65. 65 reez 87

    makasih artikelnya bos…

  66. 66 Baju Muslim Anak

    Subhanallah…apalagi kalau kita bisa sholat subuh berjamaah..masya Allah…semoga kita bisa istiqomah dalam iman dan Islam.salam kenal sob…mampir ya ke kios baju muslim anak punya saya.

  67. 67 conveyancing quote

    this was a very nice and well written article - thanks for sharing this with us.

  68. 68 Apple 8gb ipod touch

    Subhanallahu, semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita semua keimanan dan semangat untuk dapat melaksanakan shalat lima waktu berjamaah secara umum dan shalat subuh secara khusus. Amin

  69. 69 fahrudin

    wah betaa mulianya menunaikan shalat subuh ..

    jual rumah jakarta selatan

  70. 70 daa

    emoga kita bisa istiqomah dalam iman dan Islam.salam kenal sob…mampir ya ke kios baju muslim anak punya saya.

  71. 71 Cheap Polo

    It really is good to possess the capacity to examine a great high quality article with practical specifics on topics that plenty are interested on. The stage that the information indicated are all first hand on reside experiences even guide a lot more. Proceed performing what you do as we really like readi?-

  72. 72 Esteban Supernault

    Hmm is anyone else encountering problems with the images on this blog loading? I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feedback would be greatly appreciated.

  73. 73 florist di cilacap

    Siraman rohani, terimakasih semoga mendapatkan pahala dan rizki yang banyak

  74. 74 resep membuat sambal

    klo manusia tahu keutamaan slata subuh, pasti dia akan bergegas meski dengan merangkak

  75. 75 obat oles pria

    shalat subuh memang memiliki banyak keutamaan namun memang banyak godaan sehingga sulit melkukannya seperti malas bangun.

  76. 76 Abiti Moslem Style

    Terima kasih buat ilmunya yang telah dibagikan…

  77. 77 Baju Muslim Modern

    Semoga kita selalu dapat mendirikan sholat 5 waktu dan sholat2 sunah….amin…

  78. 78 klik selanjutnya

    Shalat subuh sangat banyak sekali ya nilainya, kenapa masih banyak yang sulit melakukannya..

  79. 79 Percetakan

    Semoga setelah baca artikel ini, kualitas kemimanan kita meningkat. Amin!!

  80. 80 Khasiat mentimun

    Makasih ya atas infonya sangat bermanfaat

  81. 81 lomba essay

    kuasa Allah, selalu menepati janji nya. Tapi kenapa manusia selalu berlomba-lomba nya salam kejahatan ya? :(

  82. 82 Pelatihan Karyawan

    butuh “kekuatan” ekstra untuk bangun sholat subuh… apalagi berjamaah…

  83. 83 Harga Madu Asli

    Semoga dimudahkan untuk bangun menunaikan sholat subuh..

  84. 84 cara mengobati asma

    Great artikel, sungguh menggugah hati untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin

    Coba renungkan sejenak bila malaikat berkata pada Allah : “kami menemukan si-A sedang shalat shubuh berjamaah sementara si-B kami temukan sedang lelap dalam tidurnya, shalat shubuh bukan menjadi prioritasnya dan ia kurang perhatian dalam hal ini”

Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online