Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 3)

http://romailprincipe.files.wordpress.com/2009/05/timbangan.jpgTak terasa sudah lebih dari dua minggu gak posting lanjutan serial shalat shubuh ini. Setelah membahas berbagai hal tentang mencari sedikit potongan dunia yang begitu menggoda, sudah saatnya kita kembali kesisi spiritualitas kita masing² dan merenungkan kembali tentang sesuatu yang jauh lebih baik dari dunia dan seisinya.

Ini adalah tulisan ke-5 dari serial panjang rangkuman buku berjudul Misteri Shalat Shubuh karya DR. Raghib As-Sirjani. Tidak terasa sudah sampai 5 tulisan. Mohon maaf apabila anda terasa bosan atau terganggu dengan seri tulisan ini. Saya hanya ingin ikut menyebarkan berita baik ini. Saya bukan ustadz, berceramah saya tidak bisa. Hanya lewat blog ini saya berusaha menyeimbangkan hidup, berusaha ikut berdakwah semampu saya. Buat teman² sesama muslim, semoga ini bermanfaat.

Mari kita lanjutkan, masih di Bab 4 tentang Menakar Nilai Shalat Shubuh. Kita masuk pada bagian ke-3. Bagi yang belum membaca dari awal, bila berkenan silahkan baca bagian pertama dan bagian kedua nya terlebih dahulu, terimakasih :) .

Perlakuan Khusus terhadap Shalat Shubuh

Pada dasarnya semua shalat sangat penting posisinya dalam Islam. Shalat adalah tiang agama. Pahala besar bagi yang melaksanakannya. Rasulullah SAW menjadikan shalat shubuh ini menjadi shalat yang begitu istimewa. Jika dicermati banyak perbedaan shalat shubuh dengan shalat lainnya yang membuatnya memiliki keutamaan khusus yang besar, diantaranya adalah :

Pertama : Shalat Shubuh merupakan salah satu shalat yang pertama kali diwajibkan atas kaum muslimin, disamping shalat ashar.

Sejak dari awal diperintahkan, shalat shubuh dilaksanakan dua rakaat. Adapun shalat ashar semula dua rakaat kemudian bertambah menjadi empat rakaat setelah peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Sedangkan shalat shubuh tidak berubah masih seperti ketika pertama kali disyariatkan.

Kedua : Adzan shubuh berbeda dengan adzan pada shalat² yang lain.

Rasulullah mengajarkan untuk menambahkan lafadz As-shalatu khairum minan naum (2x) (shalat itu lebih baik daripada tidur) pada adsan shubuh. (HR. Abu Dawud)

Apa yang sebenarnya menjadi penghalang utama mendapatkan shalat shubuh tepat waktu? bukankah karena kenyamanan dan nikmatnya tidur?

Jika anda percaya Rasulullah dan anda yakin apa yang dikatakannya adalah benar tanpa sedikitpun kebatilan, maka tidak ada alasan apapun untuk tidak mengikutinya. Sebesar apapun pentingnya tidur bagi anda, shalat tetap lebih baik. Saudaraku, buktikan bahwa anda beriman kepada Rasulullah.

Ketiga : Rasulullah memberikan doa khusus setelah shalat shubuh, yang berbeda dengan shalat yang lain.

Rasulullah SAW bersabda, “barangsiapa setelah shalat shubuh sebelum meninggalkan tempat duduknya dan belum berbicara sedikitpun mengucapkan : ‘Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir (tiada ilah yang berhak disembah selain Allah saja. ia tidak memiliki sekutu. MilikNyalah kerajaan dan segala pujian. Dia maha menghidupkan dan mematikan. Dia maha kuasa atas segala sesuatu)’ sebanyak 10 kali, ditulis baginya 10 kebaikan, dihapus 10 kesalahan, diangkat baginya 10 derajat. Satu hari penuh ia terlindungi dan sesuatu yang tidak disukai, terlindungi dari setan, tidak ada dosa yang akan menyelakainya, kecuali syirik.” (HR. At-Tirmidzi; hasan shahih)

Diriwayatkan oleh Muslim bin Al-Harits RA, Rasullah SAW bersabda, “Jika kamu Shalat Shubuh, sebelum kamu berbicara, bacalah : ‘Allahumma ajirni minannar (ya Allah lindungilah aku dari api neraka)’ sebanyak 7 kali, maka jika kamu mati hari itu Allah akan melindungimu dari api neraka.” (HR Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Semua keutamaan itu tidak ternilai harganya dan hanya didapatkan pada waktu shubuh.

Keempat : Rasulullah SAW selalu memendekkan bacaan shalat berjamaah kecuali shalat shubuh.

Rasulullah pada saat shalat shubuh membaca 60 sampai 100 ayat dan beliau pergi meninggalkan kami ketika kami bisa mengenali wajah sesama kami (menjelang pagi saay matahari mulai terbit)” (HR. Muslim)

Shalat yang dilaksanakan saat hati jauh dari urusan dunia. Alangkah indahnya memulai hari dengan ayat² Al-Qur’an yang agung.

… dan (dirikanlah pula shalat) shubuh. Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat)” (QS. Al-Isra’ : 78)

Kelima : Bacaan khusus Rasulullah SAW di hari Jum’at pada waktu shalat shubuh

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Abu Hurairah RA, bahwasanya pada rakaat pertama shalat shubuh Rasulullah membaca surat As-Sajadah dan surat Al-Insan pada rakaat kedua. Keistimewaan ini tidak terjadi pada shalat wajib lainnya.

Keenam : Shalat Shubuh tidak bisa di-jama’ dan di-qashar

Shalat dzuhur dan ashar boleh di-jama’ dan di-qashar. Begitu juga dengan shalat maghrib dan Isya’. Lain halnya dengan shalat shubuh. Baik saat bepergian maupun dirumah, pada saat haji, maupaun saat jihad tetap harus dilaksanakan sendiri tidak boleh di-jama’ dan di-qashar dengan shalat wajib manapun.

Tidak diragukan lagi bahwa keistimewaan² diatas membutuhkan perhatian yang khusus. Kita memohon pada Allah semoga memasukkan kita kedalam golongan orang² yang memelihara shalat shubuh dan merindukannya, amin.

Walluhu ‘Alam

image source : http://romailprincipe.files.wordpress.com/2009/05/timbangan.jpg

Bersambung ke Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 4)

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

94 Responses to “Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 3)”


  1. 1 mamas86

    Namun kenapa ya justru shalat shubuh yang sering dilalikan..? Apa karena nilainya yang cukup tinggi tersebut makanya sangat besar godaannya…?

    mungkin iya mas. shalat shubuh kan memang ujian berat. tetapi walaupun berat tidaklah mustahil untuk dilakukan. silahkan baca BAB 1 untuk lebih jelasnya :)
    dijawab pada : Sabtu, 13 Juni 2009 14:43:47
  2. 2 manusiahero

    kadang kelalaian/malas itu yang membuat seseorang lupa akn shalat..

    ya itu salah satu faktor terbesarnya. kemalasan dan kelalaian membuktikan setan sukses menjalankan misinya yang membuat sebanyak2nya manusia untuk lalai akan kewajiban utamanya dalam hidup, yaitu beribadah :)
    dijawab pada : Sabtu, 13 Juni 2009 14:46:16
  3. 3 DOCRAN

    Ya, betul tuh, shalat shubuh dan isya yang paling sering dilalaikan. Waktu sepi2nya masjid dua waktu itu. Waktu paling rame maghrib, kenapa ya ?

    saya juga gak tahu mas, orang bisa bela²in begadang semalaman hanya untuk nonton sepakbola, tetapi untuk shalat shubuh yang sebentar dengan pahala tak terkira itu tidak mereka belain blas. tanya kenapa?
    dijawab pada : Sabtu, 13 Juni 2009 14:47:48
  4. 4 Wisata SEO Sadau

    hmm postingannya bikin diriku yang awam ini terenyuh.makasih banyak atas artikelnya

    loh emang ada cerita sedihnya ya sampai trenyuh segala :D makasih ya mas udah mo baca. kapan2 dipraktekin ya :)
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 04:11:51
  5. 5 Wisata SEO Sadau

    Luar biasa, sangat bermanfaat karena bisa memberi ilmu baru bagi keita semua

    sebenarnya bukan ilmu baru mas. hanya saja kita ini kan sangat jarang belajar agama. waktu tergerus oleh kenikmatan dunia yang fatamorgana hahaha
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 04:10:17
  6. 6 The fachia

    Makasih bgt mas. Kenyataan bhwa setiap subuh sll memberi rejeki..

    yup bener mas. bahkan banyak peristiwa penting dalam sejarah islam yang terjadi disaat waktu shubuh. tunggu dibab berikutnya ok :)
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 04:09:32
  7. 7 Arry

    Iya,,makin manteb nih aku pengen rajin subuhan… :D

    memang itu tujuan menulis buku ini mas. membangkitkan semangat shalat shubuh. selamat ya mas :)
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 04:08:36
  8. 8 OOM

    benar2 bacaan yang meneduhkan iman san. thanks ya..

  9. 9 szenovera

    Sebuah siraman hati yang menyejukkan

  10. 10 Guitar Hero Tips

    ada tips ga mas gmn biar niat kita untuk bisa bangung pagi melaksanakan sholat subuh bisa terlaksana ? thx buat artikelnya bagus bgt nih …

    ada mas, ntar ya itu bab terakhir dari buku ini. masih ada beberapa tulisan lagi. buku ini memang dirancang begitu. membangkitkan semangat dulu baru memberi tipsnya. karena itu keistimewaan shalat shubuh diekplorasi sehingga membuat kita bersemangat :)
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 04:06:44
  11. 11 wisata seo sadau

    JAZAKLLAH KHOIRON mas…..

  12. 12 bobby

    .semangat terus ya…..

  13. 13 b_boy

    .salam kenal…..

  14. 14 Znipers

    bacaan penyejuk dikala sibuk…

  15. 15 Reza Fauzi

    mau insyaf ah…

  16. 16 peluang-uang

    sholat subuh memang sangat tinggi banget nilainya

  17. 17 p3ny0

    wah.. pahala yg tinggi susah ngeraihnya mas, sangat sulit menjalankan sholat subuh tepat waktu, besar bgt godaannya..

    salam kenal…

    memang sangat sulit mas. karena itulah shalat shubuh begitu istimewa. sebuah ujian berat. tapi sesulit apapun bukannya mustahil kan untuk dilakukan? buktinya masih banyak orang yang jamaah dimasjid kok, berarti ada yang bisa :)
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 03:58:29
  18. 18 aa' mil

    Sobat, jika ummat Islam sholat subuh berjama’ahnya seperti sholat Jum’at saja (belum seperti sholat Ied) maka para musuh2 Islam akan ketakutan dan kejayaan ummat ini akan bangkit kembali

    iya bener banget mas, dalam buku ini juga dikutip kalimat ini yang konon merupakan ucapan seorang raja yahudi
    dijawab pada : Senin, 15 Juni 2009 03:57:33
  19. 19 Peri Kecil

    Alhamdulillah dapet pencerahan lagi..makasih sob, sukses slalu

  20. 20 Gendon

    Artikel nya bgs kank..
    Trnyata shalat subuh manfaat nya byk jg ya,br tw aq..

    sebenarnya manfaat hanya efek samping mas. intinya adalah shalat shubuh itu suatu kewajiban yang bila ditinggalkan kita bakal berdosa. dosa besar :)
    dijawab pada : Selasa, 16 Juni 2009 23:23:41
  21. 21 Abdul Cholik

    1.Sholat subuh yang hanya dua rakaat dan tak sampai 20 menit kadang ada yang merasa berat dan malas,tetapi nonton pertandingan sepakbola tenang-tenang saja.

    2.Maju terus dengan artikel2 menraik dan bermanfaat lainnya mas.

    3.Salam

    mari kita sukseskan gerakan shalat shubuh masal. infonya ntar saya ulas dibagian akhir tulisan ini, insyaALLAH :)
    dijawab pada : Selasa, 16 Juni 2009 23:25:28
  22. 22 Rinto

    memang terasa berat…coba aja jgn beranggapan sholat itu sbg kewajiban ttp sbg kebutuhan…insyaallah semua lancar

    wah tipsnya ok tuh mas. bener jadikan kebutuhan. karena kita butuh bakal gk berat ngejalaninnya :)
    dijawab pada : Selasa, 16 Juni 2009 23:27:54
  23. 23 wildan vai

    yupz,..bnr bgt mas,..mari kita tingkatkan amal ibadah kita,amin ya robbal’alamin…

  24. 24 kang topo

    aduh jadi malu,,,,sering kelewat terus,,,,,

    sama mas, saya juga kadang maish terlewat. tapi terus berusaha insyaALLAH bisa :)
    dijawab pada : Selasa, 16 Juni 2009 23:42:08
  25. 25 MacFamous

    pada hakekatnya semua sholat wajib memiliki keutamaan yang sama

    hanya saja sholat subuh menjadi sedikit berbeda karena pelaksaannya yang memang di waktu yang cukup berat kebanyakan orang mengerjakan

    kembali bagaimana niat untuk menjalankannya

    iya mas bener bgt. sholat wajib yg 5 waktu itu adalah intinya. tiang agama. bayangkan bila rumah tiangnya rapuh maka bakal sia2 dinding, atap, perabotan, dan lainnya karena rumah rawan rubuh.
    dijawab pada : Selasa, 16 Juni 2009 23:42:39
  26. 26 Zalukhu Info

    Enaknya sebelum sholat subuh ngapain ya mas??? share plissss hihihi

    sebelum shalat shubuh ya shalat tahajjud bang hahaha :D
    dijawab pada : Kamis, 18 Juni 2009 05:30:35
  27. 27 Belajar SEO Para Pemula

    wah…masih lanjut tho review’a…jadi penasaran nih sama buku’a… :D

    sepertinya masih bakal beberapa episode lagi mas, masih panjaaaaang :D
    dijawab pada : Kamis, 18 Juni 2009 05:30:12
  28. 28 blog sedekah

    gelapnya sholat shubuh akan menjadi penerang di alam barzah…

    amin semoga :)
    dijawab pada : Kamis, 18 Juni 2009 05:28:56
  29. 29 Rusli Zainal Sang Visioner

    Setelah baca jadi merenung :-?

  30. 30 missgeulis

    Wah wah, emang bener mas.. Sholat Subuh bny bener godaannya.. Trutama ngantuk…

  31. 31 rifaabe

    terus terang sholat shubuh memang terasa paling berat, mudah mudahan setelah baca post ii adi semangat

    amin, semoga ya mas. usahanya jangan lupa ok
    dijawab pada : Kamis, 18 Juni 2009 13:34:27
  32. 32 Stop Dreaming Start Action

    seberapa besar beratnya?

  33. 33 penjual biofir

    alhamdulillah ilmunya baguss bangett.. :D

  34. 34 Danu Ciptadi

    Sholat shubuh itu penting dan usahakan berjamaah… kalau perlu mandi dulu biar seger…

  35. 35 amin

    iya mang shkt subuh jg membawa berkah,apalagi shlt subuh itu emdapatkan pahala yang besar.
    dan bnayk kejadian2 yang ga terduga waktu subuh

  36. 36 dunia maya

    amin…semoga kita tetap menjadi orang-orang yang beriman …!

  37. 37 Belajar SEO

    sholat shubuh emang susah…banyak godaannya…tapi selalu semangat untuk jadi rajin!! :D

  38. 38 Pemula

    hai. mas.
    dah lama ga maen kmari.:D
    smoga jd blogger yg baek ya.
    he,he:)

  39. 39 Stop Dreaming Start Action

    Dua Rokaat sebelum subuh juga dianjurkan… :)

    iya benar mas. pahalanya itu lebih baik dari dunia dan isinya. sudah diulas pada bagian 2, baca ya :) makasih
    dijawab pada : Sabtu, 20 Juni 2009 22:36:16
  40. 40 angga hendra

    maksh mas infony..
    dapt ilmu baru…

  41. 41 alamendah

    dulu gue kalo males bangun sholat subuh jamaah di masjid deket rumah, oleh babe muka gue diguyur air dari kendi.

    wah asik juga tuh mas basah2an :) cara mendidik yg keras tapi sangat baik. memang rosululloh SAW menganjurkan memukul anak apabila tidak mau disuruh sholat. tapi dengan syarat usia anak minimal 7 tahun :)
    dijawab pada : Sabtu, 20 Juni 2009 22:37:51
  42. 42 TOPNews

    shubuh sholat yg paling susah dijalani,,disamping sunnahnya tahajud..
    org2 zionis melihat islam hanya dr jumlah jamaah shubuhnya..
    klo jamaah shubuh msh trs lebih sedikit dr jamaah jum’atan,,karakter zionis akan trs berlanjut dg merangsek ke palestina dan memecah belah islam dimana jamaah shubuh tetep lebih sedikit

    iya mas bener bgt. kualitas shalat shubuh ummat sangat menentukan. kapan ya hal itu terwujud? karena itu ayo sukseskan gerakan shubuh massal :)
    dijawab pada : Senin, 22 Juni 2009 23:46:42
  43. 43 Edhitok

    Wah…saya masih sering ketinggalan jamaah nih mas.

    harus bergegas nih untuk perbaiki waktu subuh saya.

    Postingan yang cukup menarik dan menggugah, semoga Alloh memberi kebaikan buat penulisnya. Amiin.

    Trims mas Tipis

    amin, makasih ya mas edhi. tungguin lanjutannya ya :)
    dijawab pada : Senin, 22 Juni 2009 23:55:37
  44. 44 VancolleyS

    Saat ayat-ayat suci Al-qur’an yang kulantunkan tak lagi sanggup menggetarkan hatiku… Semua sudah terkontaminasi oleh segala aktifitas kantor… namun, Ada sebuah keanehan suasana pasca kemunculan fajar shodiq…
    Bahwa ternyata Adzan Shubuhlah yang sangup membuatku sadar bahwa segala yang ada didunia ini tidaklah kekal…

    Thanks for your post…
    Salam kenal…

    wah indah bener komentarnya :) makasih ya mas dan salam kenal juga
    dijawab pada : Senin, 22 Juni 2009 23:56:50
  45. 45 tips dan trik blog

    tang kyu mas, sangat menarik sakali

  46. 46 Tukang Nggame

    mudah2an kita bisa selalu meningkatkan kuliatas sholat kita, Amin

  47. 47 d

    knp ya shalaat shubuh itu rasanya berat bget.

    padahal pahala shalat shubuh kan lebih besar

    mungkin godaan setannya yg selalu menang mas :D
    dijawab pada : Kamis, 25 Juni 2009 06:08:11
  48. 48 ketika cinta bertasbih

    sholat subuh memang jadi patokan utama dalam menilai iman seseorang…

    bener bgt mas. sangat disayangkan kl ada seorang ustadz yang kl ceramah penuh semangat menggebu2 tapi sholat shubuhnya jarang kemasjid. sangat perlu dipertanyakan tuh keimanannya :)
    dijawab pada : Kamis, 25 Juni 2009 06:06:09
  49. 49 monx

    benar2 artikel yang menyejukkan kalbu…

    terus berkarya mas….

  50. 50 tutorial blog

    Sholat subuh dan sholat isya’ adalah sholat yang paling berat dan penuh cobaan.
    Tapi kedua sholat ini menentukan keimanan seorang hamba.
    Q kemarin membaca bahwa Hamas memilih anggotanya hanya dari pemuda2 yng selalu sholat subuh di masjid dan ahli kitab (hafidz)
    uda…trus berdakwah yaa…
    apabila kita menolong agama Allah maka Allah jg akan menolong kita.
    kalo bisa vosit back ya, wahai saudaraku di jalan Allah.

    subhanallah memang benar mas. sholat shubuh adalah tolak ukur keimanan seseorang. andai saja jamaah sholat shubuh sebanyak jamaah sholat jumat, insyaALLAH islam akan bangkit dan jaya seperti dulu
    dijawab pada : Rabu, 01 Juli 2009 06:02:30
  51. 51 grosir baju online

    terimakasih artikelnya baguus banget..

    besok berjamaaah :)

    alhamdulillah, amin :) berlomba2lah dalam kebaikan
    dijawab pada : Rabu, 01 Juli 2009 05:57:17
  52. 52 Review Squad

    Alhamdulillah, artikelnya bagus banget. Tops banget deh!

  53. 53 Irwan M Santika

    Salam Kenal Sobat,
    hmm.. artikel yang sangat inspiratif, dengan alur penulisan yang bagus.
    Terima kasih atas inspirasinya, ini sangat membantu Saya.
    Jika berkenan kembali berkunjung dan memberikan komentar.
    Semoga bisa menjadi sahabat :-)

    salam kenal juga mas irwan. terimakasih telah berkunjung :)
    dijawab pada : Rabu, 01 Juli 2009 05:43:19
  54. 54 neilhoja

    hem hem… menarik mas.. artikelnya… selalu ditunggu nih, tulisan2 kek gini…

    menuju indonesia yang lebih baik… ^^

    amin semoga mas :)
    dijawab pada : Rabu, 01 Juli 2009 05:41:49
  55. 55 luthfie fadhillah

    Menakar Nilai Shalat Shubuh
    ===========================
    subhanallah… artikel yang sangat bermakna….

    T-Q….
    very HElpful

    ========
    oya…
    boleh ikutan tukerlink nda…
    Sudah lama loh web anda saya addlink ….
    :D

  56. 56 lina

    Keistimewaan lainya adalah: Khusus Adzan sholat Shubuh berbeda dengan wkt sholat yg lain. Yaitu ada tambahan kalimat “Assholaatu Khoirul Minal Nauum”, dari sini bs di pastikan ada hikmah tersendiri (Insya Alloh).

  57. 57 alamendah

    Weleh… weleh… menarik banget mas… kemarin tak cari-cari nih…
    (kelupaan kemarin)

  58. 58 pengobatan diabetes alternatif

    terimakasih mas artikel nya
    alhamdulillah ada blogger yang posting seperti ini

  59. 59 Rohis 9

    Subhanallah
    Rohis 9

  60. 60 belajar seo para pemula

    weleh ternyata sangat berguna artikle ini buat saya

  61. 61 Cara Marketing

    Sholat subuh kelihatannya memang lebih punya karakter dari sholat lainnya.

  62. 62 Stop Dreaming Start Action

    Wah.. sering ketinggalan sholat subuh nih

    Pa lagi g banyak nyamuk sekarang jadi susah tidur pagi…

    Banyak orang tua bilang klo mereka bisa tidur cuman 2 jam…

    w belajar kek gitu belum bisa2x… InsyaAllah dalam waktu dekat ini

  63. 63 Viva Desta

    Terima kasih pencerahannya. Menambah semangat ibadah saya nih mas.

  64. 64 Kursus Ketrampilan

    Sungguh perenungan yang mendalam dan membuat hati bergetar…

    Terima kasih infonya mas…

  65. 65 Hakeemz

    Wah….serasa ada lampu di tengah malam. ada pencerahan. Makasih

  66. 66 busana muslim

    Alhamdulillah bertambah lagi pengetahuan saya tentang solat subuh, mohon ijin kalo akan saya Copas ke web saya ya

    Salam

  67. 67 wisata SEO sadau

    Alhamdulillah, sekarang udah mulai rutin lagi shalat subuh, target 1 bulan full dah hampir tercapai biar dapet semangat baru membunuh rasa malas :D jadi menjelang subuh aja baru blogwalking ke sini :D gak sia-sia 3 postingan seputar shalat subuh kebaca saat blogwalk ke sini. Selimut setan udah gak hangat lagi mas :P

  68. 68 mady

    saat ini kekuatan umat islam bisa diukur dari shalat subuhnya. kalo sholat subuh sebanyak sholat jumat maka umat islam makin kuat…

    bener banget, insysaALLAh islam akan jaya bila jamaah shubuh sebanyak jamaah shalat jumat
    dijawab pada : Selasa, 21 Juli 2009 09:11:44
  69. 69 Belajar SEO blogspot

    Subhanallah….saya sungguh tak mampu berkata2 lagi..luar biasa kuasanya..

  70. 70 Belajar SEO Para Pemula

    berlanjut??? nyari yang ke 2 ma ke satunya dolo ah….

  71. 71 mengembalikan jati diri bangsa

    saya datang kemari lewat google sob
    subhanallah….
    saya baru mengerti….
    selamat berbuka puasa

  72. 72 ulfa

    Bener sekali..
    saking pentingnya kewajiban solat sampai diibaratkan “Barang siapa yg mendirikan solat maka ia menegakkan agama tp barang siapa yg meninggalakan solat sama dengan merobohkan agama”….

  73. 73 orang biasa

    saya bukan ustad jg bkan penceramah.. tp saya senang mencantumkan beberapa nsehat agama dalam status fesbuk saya…
    sejak saya menemukan blog ini lewat google.. saya selalu kutip potongan2 blog anda untuk penyemangat diri saya sendiri/dan mudah2an temen fesbuk saya agar selalu kuat beribadah subuh.
    terima kasih untuk postingnya.. dan nasehat2 tentang subuh lainnya selalu saya nantikan. terima kasih…

  74. 74 syafiq

    mangstabs gan … LANJUTKAN!!!!

  75. 75 sinjay school (do follow)

    bagi saya semua salat wajib itu berharga dan penting, tidak hanya salat subuh tapi , good post, i like it. i am wait your comment in my blog. thanks,,by Sinjay school

  76. 76 reez 87

    wahhh… artikel yg sangat bagus

  77. 77 Hot News

    posting yang sangat bagus. ini sangat berguna bagi saya..
    http://dunia-net.com/technology/improve-googles-realtime-search-with-little-improvement/

  78. 78 java

    dholaat subuh sip banget

  79. 79 fahrudin

    wah nih saya mau melanjutkamau baca yang ke 4 ah ….

    jual rumah jakarta selatan

  80. 80 Anesa SP

    jazakallah khoiron katsir share ilmunya, sangat bermanfaat. sarannya, tolong dalil-dalilnya ditulis dengan huruf arab juga agar lebih jelas bacanya dan nggak ketuker-tuker dengan huruf yang mirip-mirip semisal dengan ha (besar) dan ha (kecil), kho, dll deh pokoknya :-)

  81. 81 دردشة غلا السعودية

    semoga kita tak lagi lupa

  82. 82 handaka

    ya ,, benar sekali tuh mas … dari sekarang kita mulai benerin gerakan solat subuh massal ..ok .. manfaat sekali ini..

  83. 83 ezzat

    bagus bgt mas artikelnya. bermanfaat sekali.

  84. 84 obat keputihan

    Memang sholat subuh yang paling berat. Apa lagi untuk para blogger yang suka ngeblog sampai malam.
    Semoga Allah memudahkan kita tuk sholat subuh berjamaah di masjid.
    Jangan lupa aktifkan alarm untuk membangunkan kita.

  85. 85 Toko Bunga cilacap

    Sholat subuh masih sering bolong, kesiangan bangunnya

  86. 86 Baju Gamis

    Terima kasih telah mengingatkan kita semua

  87. 87 Toko Baju Koko dab Baju Gamis Modern

    Makasih gan..Info-nya menarik dan bermanfaat..Salam kenal

    Hery

  88. 88 joko
  89. 89 Abel Leban

    The things i have observed in terms of laptop or computer memory is the fact that there are specifications such as SDRAM, DDR etc, that must match the specifications of the mother board. If the personal computer’s motherboard is very current and there are no computer OS issues, improving the ram literally usually takes under 1 hour. It’s among the easiest pc upgrade procedures one can picture. Thanks for discussing your ideas.

  90. 90 علاج السكري

    Excellent submit. I became checking out consistently this blog that i’m prompted! Very beneficial information precisely the rest of the segment :) My spouse and i cope with this kind of data a good deal. I was seeking that facts for any number of years. Thanks and also enjoy.

  91. 91 insurance rate comparison

    Genuinely no matter if someone doesn’t know after that its up to other viewers
    that they will assist, so here it takes place.

  92. 92 septic tank biotech

    makasih info y ,,,

    sangat bermanfaat sekali ,,,

  93. 93 biotech indonesia

    mantap dan bermanfaat ..

    alhamdulilah …

  94. 94 stp biotech

    menarik, bermanfaat sekali …

  1. 1 Do’a Harian « Black php Coffe
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online