film streaming peliculas online ver pelicula online peliculas online gratis peliculas online hd peliculas hd online peliculas hd latino online filme moca hd cine hd online
peliculas online peliculas4 peliculas online latino peliculas en linea peliculas online gratis ver cine gratis cine online gratis peliculas de cine cine gratis latest movies play online games play games filme online seriale online seriale subtitrate seriale filme online seriale filme

Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 1)

http://chaliim.files.wordpress.com/2009/03/sujud.jpgAlhamdulillah akhirnya bisa juga ngelanjutin tulisan ini. Ini adalah seri ke tiga dari rangkuman buku berjudul Misteri Shalat Shubuh karya DR. Raghib As-Sirjani. Kali ini kita masuk bab 4 berjudul Menakar Nilai Shalat Shubuh. Bab 4 ini panjang banget. Jadi akan saya bagi jadi beberapa bagian. Bab 1, Bab 2 dan Bab 3 sudah saya rangkum kemarin. Bagi yang belum baca silahkan baca dulu :) .

Shalat shubuh adalah kewajiban yang mutlak dalam Islam. Seharusnya dari sini saja kita sudah harus mengimani dan melaksanakannya tanpa berharap apa². Murni untuk mengabdi padaNYA. Tapi Allah SWT tidak akan membiarkan hambaNYA yang taat begitu saja. Dia akan memberikan pahala. Dan kita diperbolehkan untuk beribadah dengan berharap pahala.

Untuk membuat semangat lebih tinggi dalam mengerjakan shalat shubuh, penulis buku ini juga menyediakan bab khusus untuk membahas betapa tingginya nilai shalat shubuh. Berikut rangkumannya.

Pahala tanpa batas

Orang yang melaksanakan shalat shubuh dengan berjamaah dimasjid mendapatkan pahala seperti orang yang shalat berjamaah pada umumnya, yaitu 25 atau 27 derajat pahala. Diberikan padanya kebaikan yang banyak, dihapus kejelekannya, ditinggikan beberapa derajat kedudukannya. Malaikat berdoa baginya, dll. Namun shalat shubuh memiliki kelebihan khusus yang tidak ada pada shalat yang lain, diantaranya adalah :

1. Pahala shalat malam satu malam penuh.

Rosululloh SAW bersabda, “barangsiapa yang shalat Isya’ berjamaah maka seakan² dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat shubuh berjamaah maka seakan² dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh” (HR. Muslim)

Mampukah anda melaksanakan shalat malam satu malam penuh? dengan karunia dan kemuliaanNYA, Allah SWT telah memberikan anda pahala ini, jika anda melaksanakan shalat shubuh dan Isya’ berjamaah. Seperti kita ketahui bahwa pahala shalat malam sangat besar dan agung. Tapi pahala shalat shubuh berjamaah jauh lebih mulia darinya.

Anda tahu malam Qadar? malam qadar adalah malam yang paling mulia dalam satu tahun dan lebih baik dari seribu bulan. Orang berbondong² untuk meraihnya. Padahal kedudukannya hanyalah Sunnah, yang tidak lebih utama daripada shalat wajib. Apakah iman anda dianggap benar bila anda meninggalkan shalat Isya’ pada malam qadar untuk kemudian mengerjakan shalat malam dengan sempurna? jelas yang seperti ini tidak benar.

Apakah anda sanggup melaksanakan shalat sunnah zhuhur 20 rakaat kemudian meninggalkan shalat zhuhur yang wajib?

Apakah bermanfaat, bila anda puasa senin dan kamis sepanjang tahun, lalu dengan sengaja meninggalkan puasa ramadhan tanpa sebab?

Kalau jawabannya semua adalah “TIDAK”, lalu mengapa kaum muslimin masih sering meninggalkan shalat shubuh? apakah ia bukan wajib seperti halnya shalat zhuhur dan ashar, juga seperti puasa ramadhan dan zakat?

Allah SWT telah menjelaskan bahwa kewajiban itu lebih utama daripada yang sunnah.

Dalam hadits qudsi Rosululloh SAW bersabda, “Allah berfirman, tidak ada amal yang dikerjakan hambaKu dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadaKu yang lebih Aku cintai selain ibadah wajib yang Aku perintahkan kepadanya. Dan hambaKu terus mendekatkan diri padaKu dengan amalan sunnah sehingga Aku mencintainya” (HR. Al-Bukhari)

Malam qadar memang malam yang sangat mulia. Pada malam itu terkabul semua doa. Karena itulah orang² berlomba beribadah pada malam qadar. Tapi tahukah anda bahwa waktu itu datang setiap hari. Waktu yang mulia dimana semua doa terkabul. Tapi anda sering melupakannya. Disetiap malam terdapat saat² terkabulnya doa. Yaitu waktu sebelum shubuh. Walau hanya sebentar tapi itulah saat² yang mulia sepanjang masa.

Rosululloh SAW bersabda, “Allah akan turun kelangit bumi pada setiap malam, ketika malam tinggal sepertiga yang terakhir. Dia berkata,”Mana hambaKu yang berdoa, aku akan kabulkan doanya? Mana hambaKu yang meminta padaKu, untuk Aku penuhi permintaannya? Mana hambaKu yang beristighfar, untuk Aku ampuni dosanya?” (HR Bukhari dan Muslim)

Apa yang lebih anda inginkan dari itu semua? Allah turun kelangit bumi, dan menyuruh anda supaya berdoa padaNya agar Dia mengabulkan doa anda. Demikian itu terjadi setiap malam, Subhanallah.

2. Sumber Cahaya di hari Kiamat

Pada hari kiamat semua sumber cahaya di dunia akan padam. Matahari akan digulung dan bintang² pun berjatuhan.

Apabila matahari digulung. Dan apabila bintang-bintang berjatuhan” (At-Takwir: 1-2)

Manusia dibangkitkan dalam keadaan gelap gulita. Gelap yang berlipat ganda. Saat itu, manusia sangat membutuhkan cahaya supaya bisa meraba jalannya agar bisa melewati kumpulan orang² yang begitu banyak jumlahnya. Ketika melewati sirath (jembatan diakhirat) cahaya sangat dibutuhkan. Tidak akan ada yang bisa melewati, kecuali orang² yang dikehendakiNya.

Darimana orang² mukmin mendapatkan cahaya agung pada hari yang sangat gelap itu? cahaya itu adalah amal perbuatan mereka ketika didunia. Cahaya itu adalah janji Allah sebagai balasan bagi amal² mereka. Diantara amalan ini adalah shalat shubuh berjamaah.

Rasululloh SAW bersabda, “berikanlah kabar gembira pada orang² yang banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Orang yang banyak berjalan” maksudnya adalah yang membiasakan diri melaksanakan shalat berjamaah dimasjid. Dan “dalam kegelapan” maksudnya adalah shalat Isya’ dan shalat Shubuh. Ungkapan “menuju masjid” merupakan dalil yang jelas bahwa itu diberikan pada orang yang membiasakan diri shalat Isya’ dan Shubuh berjamaah di masjid. Bukan hanya sekedar shalat berjamaah saja, tetapi harus dilaksanakan dirumah Allah yaitu di masjid.

Ini sekaligus merupakan bantahan bagi sebagian orang Islam yang melaksanakan shalat dirumah bersama istri dan anak mereka. Mereka berkeyakinan bahwa apa yang mereka lakukan adalah suatu keutamaan. Karena melatih keluarga untuk shalat dan agar anak dan istri memperoleh pahala shalat berjamaah.

Tapi Allah SWT yang membuat syariat dan undang² memerintahkan pada muslim laki-laki untuk shalat berjamaah dimasjid, dan memberi pahala yang sama pada perempuan yang melaksanakan shalat tepat waktu dirumah. Sedangkan pembiasaan anak untuk melaksanakan shalat berjamaah adalah dengan membawa mereka ke masjid atau shalat bersama mereka dirumah tetapi hanya shalat sunnah, bukan shalat wajib.

Kita memohon semoga Allah SWT memberikan kita cahaya didunia, dialam kubur, dan di akhirat. Hanya Dialah yang memiliki kekuasaan untuk melakukan itu semua.

3. Surga yang dijanjikan

Rosululloh SAW bersabda, “Barangsiapa yang shalat di dua waktu yang dingin (Shubuh dan Ashar) maka akan masuk surga” (HR. Bukhari)

Inilah janji Allah SWT yang diwahyukan kepada Rosululloh SAW. Akan masuk surga, mereka yang menjaga dua shalat, shubuh dan ashar. Inilah puncak keinginan orang² mukmin. Inilah kesuksesan hakiki dan kemenangan yang besar.

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan kedalam surga maka sunggu ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS. Ali-Imran 185)

Wallohu ‘Alam

image from http://chaliim.files.wordpress.com/2009/03/sujud.jpg

Bersambung ke Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 2)

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

69 Responses to “Menakar Nilai Shalat Shubuh (Bagian 1)”


  1. 1 Bisnis Online

    ditunggu bagian 2 nya kang

    insyaALLAH segera mas, ditunggu aja yah :)
    dijawab pada : Rabu, 13 Mei 2009 15:44:26
  2. 2 sexindah

    AKU HARUS SEGERA…….

    wah segera apa nih mas sex ? :D
    dijawab pada : Rabu, 13 Mei 2009 15:41:56
  3. 3 invest77

    KERJA SAMA BISNIS YUK………….

    waduh jaka sembung nih komentarnya, dihapus apa nggak ya? :D
    dijawab pada : Rabu, 13 Mei 2009 15:40:05
  4. 4 Informasi Internet

    Alhamdulillah,, setiap pagi ayah saya mengajak saya untuk solat shubuh di musola…

    wah subhanallah mantab mas. lanjutkan hehe (kayak iklan partai ajah :D )
    dijawab pada : Rabu, 13 Mei 2009 15:36:51
  5. 5 afwan auliyar

    memang harus d upayakan neh bangunnya gak telat :)

    iya mas. kan kalau sudah niatnya kuat pasti ada jalan. shalat shubuh bukan beban, tapi kewajiban. pasti bisa :)
    dijawab pada : Rabu, 13 Mei 2009 15:49:21
  6. 6 Arry

    hmm,,ditunggu juga pencerahan yg laen…

    (mulai bertobat ah,,)

    ayo kita tobat bersama² mas ali :)
    dijawab pada : Kamis, 14 Mei 2009 00:07:24
  7. 7 Masenchipz

    alhamdulillah saya nemuin seseorang yang mampu membantu saya menunaikan puasa sunah senin kamis :)
    makasih buat postingannya ini…

    lha ini kayaknya efek sampingnya nih. kan lagi ngebahas shalat shubuh mas. puasa senin kamisnya cuman sebagai contoh saja :)
    dijawab pada : Kamis, 14 Mei 2009 00:49:19
  8. 8 Syafiq

    Wah bagus sekali ini, memotivasi untuk lebih semangat sholat subuh di masjid :D

    senang bisa bermanfaat :)
    dijawab pada : Kamis, 14 Mei 2009 00:56:00
  9. 9 xray

    Alhamdulillah… dilanjutin juga… makasih mas Sandi atas waktunya… jazakallah… sorry chat qt putus-putus ^_^

  10. 10 Gudang Hikmah

    sholat subuh itu nikmat banget sebenarnya, cuma memang kadang nafsu utk tdk taat kita mengalahkannya. makasih artikelnya ni,keren.

    mas gun jgn lupa juga baca bab sebelumnya. kl udah baca ntar jadi semangat kok :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:07:16
  11. 11 gsyah

    informatif banget ni artikelnya. thanks

  12. 12 suka

    dari dulu sampe sekarang pengen sholat subuh ontime, susah amat ngilangin kebiasaan n kasian subuhnya garing terus kena terik dhuha. moga ini jadi trigger aq dan kita semua

    amin, semoga kita semua bisa shalat tepat waktu ya. semangaaat :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:04:33
  13. 13 bisnis online

    waaah gue bangun telat mlulu kapan yaa gue bisa sadaar..

    bangun… hai ayo bangun, sadar donk :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:02:24
  14. 14 Blog Kuliner

    semoga aja bisa berubah nih, susah banget mau berubah….

    tekatnya kudu kuat mas, pasti bisa :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:01:52
  15. 15 tukang nggame

    SUBHANALLAH
    begitu besarnya nikmatmu ya ALlah….Selain itu lengkapkan sholat 5 waktunya jga ya…

    Tukang Nggame

    tentu mas ridwan. shalat adalah ibadah utama :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:00:52
  16. 16 shim Bingo Live

    waaah gue bangun telat mlulu kapan yaa gue bisa sadaar..

    sekarang mas, sekarang sadarlah :)
    dijawab pada : Sabtu, 16 Mei 2009 00:24:43
  17. 17 Taktiku

    Inspiratif sekali mas artikelnya. thx mas :)

    baca juga seri sebelumnya ya mas, tuh linknya ada di paragraf pertama. biar komplit :)
    dijawab pada : Jum’at, 15 Mei 2009 23:59:11
  18. 18 bestaffiliate

    Semangat Semangat….

  19. 19 peluang-uang

    wah ketemu juga blog yang bahas tentang sholat subuh. Sholat subuh itu kunci dalam menilai keimanan seseorang, Jadi, dari sholat subuh nya kita bisa tau bagaimana imannya. Saya dah baca buku itu mas, teruskan ya mas!! met berjuang di jalan Allah!

    makasih mas. iya ini saya lagi ngerangkum bukunya. tinggal beberapa postingan lagi nih :)
    dijawab pada : Jum’at, 15 Mei 2009 23:57:25
  20. 20 berau

    mantep bos.. semoga apa yang abang berikan bisa bermanfaat semua bagi kita

    amin, makasih mas :)
    dijawab pada : Jum’at, 15 Mei 2009 23:56:52
  21. 21 wisata riau

    sholat subuh adalah suatu barometer keimanan sesorang…
    jadi siapa yg ga sholat subuh… ayo ngaku… ataw sering jam 6 pagi sholat subuhnya… hehehe
    wisata riau

    hehe saya ngaku mas. kadang bablas sampek jam 6. tapi alhamdulillah belakangan lebih baik :)
    dijawab pada : Jum’at, 15 Mei 2009 23:55:31
  22. 22 atmoko

    Teman… mohon doakan lah saya agar mendapatkan hidayahNya untuk menunaikan sholat shubuh tepat waktu dan rutin.. AMIN ya Rabbal alamin..

    amin, kita sama2 saling mendoakan ya mas :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:50:20
  23. 23 sekolah tinggi akuntansi negara

    makasih mas nasihatnya ..terkadang kita ini terlalu silau oleh dunia.

    kadang pake kompi amape jam 12 malam, kahirnya subuh telat.

    Ya Alloh maafkan hambamu ini..

    nice article
    salam kenal–adang j–

    bener bgt mas, sekarang ajah saya balas komentarnya mas ini udah hampir jam 1 malam. Semoga besok bisa bangun shubuh :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:52:12
  24. 24 Kayubali

    Jadikan Sholat tuh kebutuhan…. jadi g kan ada beban…

    boleh juga tipsnya mas. tapi tetep donk kita kudu yakin bahwa shalat adalah kewajiban :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:52:59
  25. 25 Anna psychic medium

    I can only understand the main motive. But i want to next time it will be in universal language if possible because we have some difficulties in reading.

  26. 26 Anna psychic medium

    susah banget mau berubah….

    susah bukan berarti mustahil kan :) coba baca bab 1. linknya ada diparagraf pertama tulisan ini :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:55:27
  27. 27 Haady Firmansyah

    AKhir-akhir ini jadi jarang sholat Shubuh tepat waktu..
    Subhanallah..
    Setelah baca artikel mas, Insya Allah saya berubah jadi lebih baik..
    Syukron..

    alhamdulillah. silahkan baca 2 tulisan sebelumnya juga agar lebih mantap :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:57:39
  28. 28 Iwan

    Subhanalloh, posting Mas Sandi penuh ilmu Syar’i. Memang begitu seharusnya, kaum laki2 wajib berjamaah 5 waktu di masjid, bukan di rumah. Bukankah Rosululloh SAW tidak memberikan keringanan bagi orang buta untuk tidak berjamaah di masjid, selama dia masih mendengar adzan? Apalagi untuk kita yang sehat, yang lengkap panca indra kita? Semoga kita tetap diberikan ketetapan hati untuk berjalan di atas sunnah Rosululloh SAW.

    amin :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:58:26
  29. 29 hudaya

    terima kasih banyak mas atas informasinya…
    Saya jadi tambah semangat untuk shalat subuh berjamaah

    amin :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 21:41:58
  30. 30 Denny

    wah mas.. postingan yang amat menarik, oh iya tau gak mas bencana di situgintung? katanya khan waktu masuk shalat shubuh bencananya.!!!
    Begitu Azan berakhir bencanapun datang.!! Andai seluruh masyarakat pada saat itu melaksanakan shalat shubuh, akan tetapi hanya beberapa orang.!!
    Subhanallah.. Begitulah Kekuasaan dan KeMaha-Agungan Allah SWT.
    Salam kenal mas. :)

    wah masa sih mas? baru tahu saya. tapi memang kok, dalam sejarah Islam, banyak sekali peristiwa penting terjadi pada waktu shubuh. Apa saja peristiwa penting itu? tunggu ulasannya diblog ini segera :)
    dijawab pada : Senin, 18 Mei 2009 10:44:35
  31. 31 Mobilemixed

    Menggugah sekali, semoga yng baca bisa melaksanakannya

  32. 32 stan

    gimana mas, kabar subuh hari ini…moga gak telat lagi ya.

    alhamdulillah , sejak mengurangi tidur malam di depa kompi..subuh dan sholat malamnya dapat..ya paling tidak tadi malam.

    moga nanti maam dan malam selanjtnya tetp bisa bagun subuh dan sholat malamnya.

    thanks artikelnya

    saya subuh hari ini telat lagi mas. pdhal beberapa hari sebelumnya sukses. semoga besok bisa tepat waktu
    dijawab pada : Rabu, 20 Mei 2009 00:36:49
  33. 33 kerudung

    Jadi pengen beli bukunya, harganya berapaan mas?

    sekitar 20ribuan mbak, kl kena diskon bisa lebih murah :)
    dijawab pada : Rabu, 20 Mei 2009 00:36:08
  34. 34 High Paying Keyword

    Ada diskon gak yah :)

  35. 35 Real Estate

    bagus nih buat nambah koleksi perpustakaan rumah

  36. 36 Saungweb

    kunjungan malam.. artikel yang bagus nih…

  37. 37 Saung Bisnisku

    Mantap2 nih postinganya.. di boomark dulus ah..

  38. 38 dimpy Bingo Live

    Menggugah sekali, semoga yng baca bisa melaksanakannya

  39. 39 Eye cosmetic surgery

    Seharusnya dari sini saja kita sudah harus mengimani dan melaksanakannya tanpa berharap apa².

  40. 40 ahmad

    Memang waktu shubuh sangatlah istimewa,sampai2 para Malaikat ikut menyaksikan. Bahaya meninggalkannya pun besar juga.. Moga Alloh SWT Memudahkan kita semua untuk mendirikan sholat shubuh berjama’ah(bg laki2).

  41. 41 Coretan Imtihan

    wah… jadi tersinggung nich, hehehe…

  42. 42 ceritabunda

    iya…artikelnya bagus sekali dan bermanfaat. apalagi shalat shubuh ini yang paling banyak membuat orang lalai untuk menunaikannya dengan yepat waktu

    bener bgt bu. karena itu shalat shubuh merupakan ujian. baca bab 1 dan 2 nya juga ya. linknya ada tuh di paragraf pertama :)
    dijawab pada : Senin, 25 Mei 2009 14:55:36
  43. 43 hery Promotional bags

    i m unable to red this post.u should write this post in eng language bcoz its a comma language.

  44. 44 olis Car hire

    kunjungan malam.. artikel yang bagus nih…

  45. 45 olis Car hire

    Seharusnya dari sini saja kita sudah harus mengimani dan melaksanakannya tanpa berharap apa².

  46. 46 ken Promotional clothing

    Moga Alloh SWT Memudahkan kita semua untuk mendirikan sholat shubuh berjama’ah(bg laki2).

  47. 47 Digital SLR Cameras

    makasih mas nasihatnya ..terkadang kita ini terlalu silau oleh dunia.kadang pake kompi amape jam 12 malam, kahirnya subuh telat.Ya Alloh maafkan hambamu ini..

    sama mas, saya juga sering telat bangunnya karena begadang :(
    dijawab pada : Selasa, 26 Mei 2009 22:30:11
  48. 48 Facebook Haram

    Wah mas save as aja ya ini bersambung banyak sih

  49. 49 it informations

    salam kenal

  50. 50 Gold mutual funds

    chirstans and jews in the milldle east pray to allah if you didnt know im a muslim … yes, I know you all pray to the same god

  51. 51 civa Budget Hotels

    makasih mas nasihatnya ..terkadang kita ini terlalu silau oleh dunia.kadang pake kompi amape jam 12 malam, kahirnya subuh telat.Ya Alloh maafkan hambamu ini..

  52. 52 Screen Printing

    Moga Alloh, SWT Memudahkan kita semua untuk mendirikan sholat shubuh berjama’ah.

  53. 53 Belajar SEO Para Pemula

    ini bagian satunya yach….wah bener-bener mantab…saya bacanya kebalik dari4 -1 jadi harus ngulang baca lagi…..hihihih

  54. 54 Whitening System

    God is one & great he is showing us the way and we must follow the path shown by him

  55. 55 horse racing betting systems

    We can not find the God outside in the world because The God is into every humans soul So should analyze our self.

  56. 56 Seaward

    ini bagian satunya yach….wah bener-bener mantab…saya bacanya kebalik dari4 -1 jadi harus ngulang baca lagi…

  57. 57 Conference folders

    I had never thinks about it. Who is he and where is he. In India there are many Saints who are living in jungles and on mountains from many years and praying for him. They still don’t find where is he. In my view I am helping you i am God you are helping me You are God for me.

  58. 58 custom t-shirts

    SubhanAllaha, MashAllaha. I can say thins coz i dont know the language: please post in english

  59. 59 sinjay school (do follow)

    subhanallah, good post, i like it. i am wait your comment in my blog. thanks,,by Sinjay school

  60. 60 fahrudin

    betapa mulianya yang namanya shata subuh ….

    jual rumah jakarta selatan

  61. 61 lifestyle web blog

    subhanallah,, nice post..

  62. 62 Juicy Handbags Sale

    This article may possibly be mentioned on Twitter by someone. genuinely?

  63. 63 Coach Purses On Sale

    Yes, thank for the details a million! Have to discover anybody organizing Tea Party. I wants to participate in organizing.

  64. 64 Juicy Outlet

    This blog site is great. How did you come up witht he idea?

  65. 65 Michael Kors Handbags

    I wants to thank you with the endeavors you have produced in publishing this article. I am trusting the same greatest work from you within the future as well. In fact your fanciful writing abilities has inspired me to start my own weblog now. Truly the blogging is spreading its wings rapidly. Your generate up is a fine example of it.Thanks yet again for discussing this cost-free on the web!

  66. 66 Buy Louis Vuitton Bags

    This blog site is great. How did you come up witht he idea?

  67. 67 banjarnegara fotografi

    masih belum bisa bangun pagi setiap hari…. terimakasih artikelnya., telahmengingatkan saya

  68. 68 Maynard Merren

    Thanks for the ideas you have provided here. Something else I would like to talk about is that personal computer memory specifications generally rise along with other breakthroughs in the technologies. For instance, whenever new generations of cpus are brought to the market, there is certainly usually a related increase in the scale calls for of both personal computer memory as well as hard drive room. This is because the application operated by means of these processor chips will inevitably rise in power to leverage the new engineering.

  69. 69 Val Zachar

    What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered It positively helpful and it has aided me out loads. I hope to contribute & help other users like its aided me. Great job.

Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online