Misteri Shalat Shubuh

Salah satu hobi saya kalau lagi punya duit lebih adalah beli buku. Buku yang tebal² dengan sampul hardcover :D . Tapi jangan berkesimpulan bahwa saya suka baca buku. Saya tuh bukannya tidak suka membaca, suka sih tapi dikit hehe . Saya lebih suka melihat buku² berjajar rapi dilemari daripada membacanya :) Makanya saya suka buku yang tebal².

Baca buku hypnotic writing nya om Joe Vitale aja sampai sekarang belum selesai eh ini sudah ngantri 6 buku lagi :D . Salah satunya buku agama berjudul Misteri Shalat Shubuh, menyingkap 1001 hikmah shalat shubuh bagi pribadi dan masyarakat karya DR. Raghib As-Sirjani seorang doktor spesialis bedah ginjal asal Mesir. Mungkin ada teman² yang sudah pernah membacanya. Baru baca 4 bab, saya harus mengakui bahwa saya termasuk golongan orang munafik. Saya tidak mau gelar itu berlama² saya sandang. Saya harus menghilangkannya. 4 bab awal buku ini telah membuat saya kembali rutin shalat shubuh berjamaah dimusholla seminggu terakhir setelah 2 tahun belakangan lebih sering kebablasan shalat subuhnya dengan berbagai alasan :)

Saya akan mencoba merangkum 4 bab awal buku ini, ya merangkum bukan meresensi karena semua isinya penting :D . Karena panjang banget, saya buat bersambung saja ya postingannya. Satu bab satu postingan, biar gk bete ngebacanya. Biar cepat selesai dan berkomentar hehe. Kita awali dari Bab 1 dan Bab 2. karena Bab 3 dan Bab 4 pembahasannya lebih panjang. Sebagai pembukaan kita harus sepakat dulu bahwa shalat shubuh adalah kewajiban bagi setiap muslim yang masih bernyawa sejak akil baliq sampai meregang nyawa. Tidak ada tawar menawar, semua ulama sepakat tanpa pertentangan bahwa shalat shubuh adalah kewajiban utama seorang muslim.

Bab 1
Shalat Shubuh, sebuah ujian

Ujian adalah sunnah ilahiyah yang berlaku sejam jaman dahulu. Allah SWT menjadikan ujian sebagai standar bagi semua manusia semenjak diciptakannya Adam sampai kiamat kelak. Allah SWT berfirman, “Alif laam miim, Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.“(Al-Ankabuut:1-3).

Ujian memiliki ciri khusus, yaitu :
Pertama, ujian haruslah sulit. Kalau ujian tidak sulit maka semua akan lulus, baik mukmin maupun munafik. Kalau begitu ujian tidak bisa membedakan antara mukmin dan munafik.

Kedua, ujian bukanlah sesuatu yang mustahil. Kalau ujian itu mustahil maka baik mukmin maupun munafik akan gagal semua.

Ketiga, ujian harus seimbang. Artinya sulit bagi munafik untuk lulus, tetapi tidak mustahil untuk dilakukan sehingga terbuka kesempatan bagi mukmin untuk lulus ujian.

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (Qs. Al-Mulk:1-2)

Ujian memiliki variasi tingkat kesulitan. Seorang mukmin harus lulus ujian untuk membuktikan kebenaran imannya dan untuk menyelaraskan antara lisan dan hatinya.

Salah satu ujian berat dengan nilai tertinggi (bagi laki-laki) adalah shalat shubuh secara rutin berjamaah dimasjid (untuk wanita shalat shubuh tepat pada waktunya dirumah). Sampai² Rosululloh SAW mengukur keimanan seseorang dari shalat shubuhnya.

Rosululloh bersabda : “sesungguhnya dua shalat ini (shubuh dan isya’) adalah shalat yang berat bagi orang munafik. Sesungguhnya apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat shubuh dan isya’, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak” (HR Ahmad dan An-Nasa’i)

Kalau seseorang meninggalkan shalat dengan sengaja, maka kesengajaannya tersebut adalah bukti nyata dari sifat kemunafikan. Apabila sifat ini ada dalam diri kita segera introspeksi diri.

Bab 2
Batas Waktu Shalat Shubuh

Batasan waktu melaksanakan shalat adalah sejak awal waktu datangnya shalat sampai datang waktu shalat berikutnya. Semua shalat begitu aturannya kecuali shalat shubuh. Waktu shalat shubuh adalah dari terbit fajar sampai terbit matahari. Waktunya sangat terbatas, sempit dan sulit. Karena itu shalat shubuh adalah ujian. Sekiranya waktunya panjang sampai menjelang dzuhur lalu dimana letak ujiannya?

Shalat shubuh memang shalat wajib yang paling sedikit jumlah rakaatnya, hanya 2 rakaat. Namun ia menjadi standar keimanan seseorang. Waktu shalat merupakan persoalan yang baku. Artinya ketentuan mengenai kapan waktu shalat bukanlah ijtihad manusia. Rosululloh bersabda “waktu shalat shubuh dari terbit fajar sampai terbit matahari” (HR. Muslim) . Jadi tidak ada lagi keraguan mengenai batas waktu shalat shubuh.

Janganlah kalian meninggalkan shalat secara sengaja. Barangsiapa yang telah meninggalkan shalat dengan sengaja, maka Allah dan RosulNya telah lepas tanggungan darinya” (HR Ahmad). Jadi barangsiapa yang menyetel wekernya jam 7 pagi atau intinya setelah terbit matahari maka sungguh dia telah meninggalkan shalat dengan sengaja. Selanjutnya ia harus memikul tanggungjawab yang sangat besar akibat perbuatannya itu.

Abdullah bin Mas’ud pernah bertanya pada Rosululloh SAW amalan apakah yang paling dicintai ALLAH SWT? Rosululloh menjawab, “Amalan yang paling dicintai Allah adalah shalat (tepat) pada waktunya” Abdullah bertanya, “kemudian apalagi?” Rosululloh menjawab, “berbuat baik pada orang tua” Abdullah kembali bertanya, “lalu apa lagi?” lalu Rosululloh menjawab, “jihad fii sabilillah” ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mari kita renungkan bagaimana Rosululloh SAW mendahulukan shalat pada waktunya daripada berbuat baik pada orang tua yang begitu besar pahalanya. Apalagi jihad fii sabilillah yang merupakan puncaknya Islam.

Karena itu bagaimana shalat shubuh disepelekan oleh sebagian besar kaum muslimin? Shalat shubuh hampir menjadi kewajiban yang terlupakan begitu saja.

Wallohu ‘Alam

bersambung ke Bab 3 Shalat Shubuh, mustahilkah ?

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

48 Responses to “Misteri Shalat Shubuh”


  1. 1 rio2000

    Alhamdulillah saya suka sholat shubuh dan sholat wajib

    tapi saya masih lemah dalam sholat sunah entah kenapa….

    alhamdulillah mantab mas. mari kita tingkatkan dengan selalu berjamaah di masjid. orang yg lulus ujian menurut buku ini adalah orang yang selalu sholat berjamaah dimasjid :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 13:41:27
  2. 2 software gratis

    saya malah agak malas-malasan saat sholat subuh…mungkin dengan ini bisa menambah semangat saya

    semoga mas amin :) tungguin bab 3 nya bakal lebih mantab pembahasannya :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 13:43:21
  3. 3 Arry

    sholat subuh au masih jarang mas,,,tobat ah,,,semangat semangat!! :)

    jarang sholat shubuh dimasjid atau jarang sholat shubuhnya nih? kl yang kedua brarti segealah bertobat mas, mumpung masih diberi kesempatan bertobat :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 13:44:11
  4. 4 Paman Gober

    Wah sering ketinggalan sholat shubuh. Harus lebih bertekad untuk lebih baik lagi setelah baca posting ini neh

    amin iya mas semangat. dunia dan akhirat harus seimbang. masa kita rela begadang ngeblog untuk dunia tapi sholat shubuh yang hanya beberapa menit saja gk bisa :D
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 13:45:25
  5. 5 yudi

    diteruskan kebiasaan baiknya mas.

    mengenai ujian, berarti ciri2nya adalah pasti sulit namun adalah hal yang mungkin untuk dilakukan ya. jadi semangat ni :-D

    bener bgt mas. krn menurut islam sholat shubuh itu suatu kewajiban bukan pilihan, jadi gk ada alasan untuk bisa meninggalkannya, asal masih bernyawa :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 13:48:54
  6. 6 JAUHDIMATA

    beda Ujian dan Adzab
    Ujian diberikan kepada orang yang mau naik “kelas”.

    Adzab derikan kepada orang yang telah melakukan kesalAhan.

    Kalo solat subuh ujian atau adzab? hehehe
    pasti ujian lah…

    wah makasih tambahannya mas. manu naik kelas nih :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:06:12
  7. 7 Ade

    Duduk manis nungguin sambungannya.

    sambungannya belum kelar ngetiknya uni :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:09:33
  8. 8 Ratno38

    Sebuah nasehat yang bagus bro. Semoga diwaktu yang akan datang saya lebih rajin lagi jama’ah di masjid. Makasih….

    iya mas kita saling menasehati lah. postingan ini sebenarnya ditujukan khusus pada diri saya sendiri yang ancur2an sholat shubuhnya. semoga kita barengan bisa berubah jadi lebih baik ya :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:10:02
  9. 9 aa'mil

    Sholat subuh memang sebagai ujian bagi mereka yg bener2 beriman kepada ALLAH SWT, so, keraguan keimanan dpt dipantau dari keengganan utk sholat subuh…

    iya mas bener. tinggal lihat saja apa dia rajin jamaah dimasjid waktu shubuh atau tidak. dari situ sudah jelas kualitas keimanannya terlihat :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:11:12
  10. 10 Si kumb@ng

    ini yang namanya keseimbangan hidup…
    salut mas sama sampean

    hehe salutlah diri masing², semoga kita bisa lebih baik lagi ya mas :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:12:38
  11. 11 Dab Penyo

    Ajaib, saya termasuk yg sering telat sholat subuh, tp hr ini bangun jam 5an, & kebetulan laptop masih nyala, trus nemu artikel ini via email.
    Trus bergegas sholat.
    Abis sholat br kasih komen, thx sobat pencerahannya….

    alhamdulillah. selamat ya mas hari ini telah berhasil. tapi jamaah kan dimasjid? tungguin bab 3 nya ya, masih diketik nih :D
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:15:36
  12. 12 blognya dausz

    Bukunya bagus nih…boleh juga kalau di beli,,,
    oh ya mas link anda sudah saya pasang di blog saya backlink ya,,,
    Trims…

    iya mas recomended bgt kl mo beli. harganya murah kok cuman sekitar 20 ribuan. sampul exclusive kertas HVS putih :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:17:18
  13. 13 ierone

    semuanya pasti ada alasannya. tak ada yang sia-sia

  14. 14 Strategi Bisnis Internet-Umar Hadi

    Postingan ini mencerahkan, baik sekali untuk orang-orang yang lagi lupa

  15. 15 Tukang Nggame

    pemahaman yang mendasar trims ya…q baru tahu

    Special thanks by Tukang Nggame

    yang mana nih mas yg abru tahu? :) menuntut ilmu itu kewajiban buat kita, terutama ilmu ALLAH. yuk belajar bareng :)
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:19:23
  16. 16 Riduan Rambe

    kalau ngak di baca, kok bisa merangkum isi bukunya…, salut… kocak bahasanya… he he h salam kenal

    dibaca mas baru 4 bab awal itu :D kl gk baca bisa ngerangkum brarti dukun donk :D
    dijawab pada : Sabtu, 02 Mei 2009 14:20:48
  17. 17 komputer

    memang benar sekali shalat subuh itu menyimpan banyak sekali fakta ataupun misteri unik…give thanks to Allah SWT

  18. 18 audy

    keren juga ni bukunya yaah…btw..waaah bukunya sayang mas kalo dipajang doank, biar saya yang baca d hehehe….

  19. 19 penguinkribo

    mas, maaf nih agak ga nyambung komen’a, soal’a saya cuma mau ngasi tw, kalau mas dapet award, silahkan ambil di blog saya mas…:D

  20. 20 cirux

    saya jgnkan buat sembahyang subuh buat sholat yg lain aja sering bolong :(.

  21. 21 Dual Sim Card

    Wah harus beli nih buku, biar sholat subuhnya makin semangat, gak malas lagi bangun pagi untuk sholat subuh.

  22. 22 xray

    Mas Sandi, krn isinya bisa buat pencerahan ke saya dan orang2 lain, saya minta ijin buat dipasang di fb. Makasih.

    silahkan mas, dengan senang hati
    dijawab pada : Selasa, 05 Mei 2009 11:18:11
  23. 23 Bang Napi

    Ayo praktikkan hadist tentang tujuh sunnah utama Rasulullah yang perlu dilakukan tiap hari:
    1. Sholat tepat waktu berjamaah di masjid.
    2. Qiyamul Lail (Sholat malam) atau Tahajud pada 1/3 malam terakhir.
    3. Sholat Dhuha.
    4. Sedekah.
    5. Baca Quran
    6. Berkekalan dengan wudhu
    7. Beristighfar dalam setiap detak nafas.

    wah ditambahin nih ama bang napi, jadi komplit :) makasih bang
    dijawab pada : Selasa, 05 Mei 2009 11:16:24
  24. 24 aa'mil

    Buku yg sangat menarik, q juga sudah koleksi buku itu, but memang perlu usaha keras agar bisa mengamakannya, sehingga misterinya bisa langsung dirasakan.

    Daftarnya GRATIS langsung dapet Cash Money Rp 100.000,- DISINI

  25. 25 juventini

    terima kasih atas pencerahannya mas :)

  26. 26 beasiswa

    ingin rasanya jamaah di masjid untuk sholat subuh. separuh saja jamaah sholat jumat yang ikut jamaah shubuh, negeri ini pasti dilimpahi keberkahan. Mulai dari diri aku sendiri yang masih suka lalai :(

    pernah seorang penguasa yahudi mengatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada suatu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat Shubuh menyamai jumlah jamaah shalat Jum’at
    dijawab pada : Kamis, 07 Mei 2009 13:09:04
  27. 27 cakhabibnews

    matur suwun bos…

  28. 28 bebek goreng

    moga bisa bangun pagi terus.amin

    amin. bangunya shubuh mas, kl pagi udah telat :D
    dijawab pada : Kamis, 07 Mei 2009 12:33:20
  29. 29 krakatau

    aminnnn

  30. 30 bobby

    .hayyyyyyyyy

  31. 31 aswad

    I like the look of your blog content, which is discussed in it.
    I will visit again some time to see the new information from you

    thanks mr. aswad :)
    dijawab pada : Minggu, 17 Mei 2009 00:53:57
  32. 32 kerudung

    Terima kasih, tulisan ini menyadarkan saya

  33. 33 KRAKATAU TOUR - UJUNG KULON TOUR

    Amin ya ALLAH…. kuatkan subuh kami semua.

  34. 34 cewek kita

    Makasih telah menambah semangat untuk lebih rajin lagi sholat fajar dan subuh, semoga kita bisa

    amin, semoga :)
    dijawab pada : Selasa, 02 Juni 2009 14:46:57
  35. 35 Gold mutual funds

    i’m looking for a great book suggestion on the historical aspects of Islam. Preferably not slanted politically, just… Armstrong

  36. 36 KRAKATOA VOLCANO TOUR - ADVENTURE UJUNG KULON TOUR

    Sholat subuh… masih banyak ga berjamaah karna alasan yg banyak tapi pada intinya MALAS.. betul tidak ?

    betuuuuuulllllllllll :D
    dijawab pada : Senin, 22 Juni 2009 23:54:15
  37. 37 ichyusan

    Alhamdulillah, atas nama penerbit buku tersebut, kami berdoa semoga Allah memudahkan kita semua agar istiqomah Shalat Subuh berjamaah. Ada buku lain yg layak disantap sebagai menu lanjutan..MALAM PERTAMA DI ALAM KUBUR..mau tahu rasanya ? klik http://www.aqwam.com

  38. 38 sinjay school (do follow)

    jam weker ku slalu menyala jam 4 pagi, tapi susah bangun, good post, i like it. i am wait your comment in my blog. thanks,,by Sinjay school

  39. 39 iklan mobil

    waduh saya sering banget ninggalin sholat shubuh..

  40. 40 java

    sip banget kilasan buku diats
    pingin baca lebih lengkap nih

  41. 41 grosir jilbab murah

    memang tidak ada yang lebih nikmat yang di dapatkan seorang hamba kecuali bisa menjalankan shlat subuh …serasa ada kelezatan tersendiri disana ..saat udara masih segar , kesunyian pagi berasa menambah kenikmatan tersendiri.. terimaksih ya Rabb ..atas nikmat subuh ini

  42. 42 herusularto

    ijin ngutip beberapa hal dari artikelnya bang.

  43. 43 busana muslim

    Artikelnya menyentuk kalbu,,
    Ok banged deh gan banyak pencerahannya

  44. 44 Deniz Syhaputra

    thankz atas article ny… sangat2 bermakna.!!

  45. 45 Polo Shirts For Men

    I saw this actually excellent post these days!

  46. 46 florist di banjarnegara

    Banyak sekali hikmahnya sholat Subuh

  47. 47 card games for kids

    Whats up! I just wish to give a huge thumbs up for the nice info you have got right here on this
    post. I might be coming again to your weblog for extra soon.

  48. 48 Supplier Herbal mojokerto

    sholat itu berat, kecuali bagi orang-orang yg khusuk,
    tidur adalah knikmatan sesaat, tp knikmatan itu sringkali melalaikan knikmatan yg hakiki(lalai sholat shubuh)

  1. 1 Mainan Adf.ly buat naikin trafik Blog at tipi[S]ipit - Blogging Life
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online