BerQurbanlah Saudaraku

Alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan Idul Adha, salah satu dari dua hari besar Islam. Idul Adha merupakan salah satu hari besar agama Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari tersebut, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan shalat Ied dua rakaat dan melakukan pemotongan hewan kurban, seperti unta, sapi, dan kambing.

Khusus penyembelihan hewan Qurban, para ulama ada yang mewajibkannya. Saudaraku seiman, ALLAH SWT memang mewajibkan kita beribadah, terutama yang hukumnya wajib. Tetapi untuk ibadah mengeluarkan harta sangat jarang ALLAH mewajibkan. Seperti infaq, shodaqoh, waqaf, dll semua sunnah. Yang diwajibkan adalah zakat fitrah dan berQurban (ada beberapa pendapat). Karena itu sebisa mungkin bila kita mampu, berQurbanlah.

Begitu besar nikmat yang ALLAH berikan pada kita setiap harinya. Sudah sepantasnya kalau kita sedikit menyisihkan harta untuk berQurban. Analoginya begini. Kemarin saya survey harga kambing Qurban rata² yang gemuk dan sehat berharga sekitar 1 juta rupiah. Coba bagi dengan 365 (hari dalam setahun) = Rp. 2.740,- . Ya hanya sejumlah itu setiap hari yang ALLAH minta. Coba bandingkan dengan nikmat yang ALLAH berikan dalam sehari untuk kita. Nikmat iman, nikmat kesehatan, nikmat keluarga (anak dan istri), kelancaran rejeki dll. Udara yang kita hirup ini sangat mahal harganya tapi ALLAH menggratiskan untuk kita. Belum lagi fungsi panca indera kita. Kita bisa melihat indahnya dunia, mendengar suara yang merdu, mencium bau harum bunga, merasakan hawa sejuk, dingin, hangat dll. Apalah artinya duit yang tidak sampai 3 ribu perak itu.

Saya tidak bermaksud apa² dengan analogi diatas, saya hanya ingin mengingatkan dan membangkitkan semangat teman² dalam berQurban. Tidak sepantasnya kita berhitung untung rugi dalam beribadah. Semua ikhlas karenaNYA. Lagi pula pahala berQurban bukan untuk siapa², tapi untuk diri kita sendiri. ALLAH hanya ingin kita menunjukkan loyalitas dan ketakwaan kita padaNya. Bila kita tidak berQurban, ALLAH tidak akan berkurang kekuasaanya. Begitu pula sebaliknya. ALLAH tetap maha dari segala maha. Kalau tahun ini belum siap, persiapkanlah untuk berQurban tahun depan dengan menyisihkan harta kita yang tidak seberapa itu setiap harinya.

Semoga kita dipertemukan kembali dengan Idul Adha tahun depan, agar masih terbuka kesempatan bagi kita untuk berQurban. Tetapi bila ingin berQurban tahun ini, semoga Qurban kita diterima. Bila ingin ibadah Qurban kita diterima, tentu saja tatacara dan persyaratannya harus sesuai dengan petunjuk Rosululloh SAW. Apabila tidak ada petunjuk dan contoh dari beliau, berarti itu adalah ibadah yang diada-adakan alias bid’ah. Setiap bid’ah adalah sesat dan setiap kesesatan tempatnya hanya dineraka.

Karena itu kita perlu mengetahui ilmu berQurban. Mulai dari niat, kehalalan dana yang disediakan untuk berQurban, pemilihan hewan Qurban yang baik dan benar, tatacara berQurban, syarat sah berQurban, tatacara membagi hewan Qurban dan siapa yang berhak menerimanya dan lain-lain silahkan baca tuntunan lengkapnya DISINI. Ibadah tanpa ilmu adalah sia². Seperti orang sholat, walaupun rajin sholatnya, tetapi kalau caranya tidak benar, tidak menghadap kiblat misalnya, atau tidak didahului dengan berwudhu dll, maka akan tertolak amal ibadahnya. Coba tanyakan pada diri kita masing², sudah benarkah ibadah kita selama ini ? apa sudah sesuai dengan yang dicontohkan Rosululloh ? Karena itu tuntutlah ilmu, agar ibadah kita tidak sia² :) .

Wallohu ‘alam

Selamat berQurban, semoga Qurban kita diterima oleh ALLAH SWT. Amin

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

48 Responses to “BerQurbanlah Saudaraku”


  1. 1 Adieska

    Pertamax!!! Happ idul adha om tipis… semoga rejekinya makin melimpah karena kurbannya semakin besar :D

    amin, makasih doanya mas :)
    dijawab pada : Minggu, 07 Desember 2008 17:37:19
  2. 2 Nauval

    Yang qurban orang tua saya…

    Saya sih cuma bantuin bawa kambing…
    Hehehe…

  3. 3 Jaka

    Ayo berqurban :)

  4. 4 ryan

    tidak terasa sudah satu tahun

  5. 5 soerdjak

    semoga amal ibadah yang berkurban diterima Allah SWT. Amin..

  6. 6 xero

    om tipis duitnya banyak, qurban kambing berapa ekor tahun ini? :D

    weleh cuman 1 pak :D
    dijawab pada : Minggu, 07 Desember 2008 17:36:26
  7. 7 danu

    semoga rejeki mas tipis tambah banyak :D

    amin, makasih doanya mas Danu :)
    dijawab pada : Minggu, 07 Desember 2008 17:36:02
  8. 8 Arikaka.com

    Mudah2an tahun depan bisa berkurban sendiri..

    amin semoga mas, usaha ya D
    dijawab pada : Selasa, 09 Desember 2008 00:21:12
  9. 9 Ardian

    Met Hari Raya Idul Adha :D Setuju ama mas Arikaka.com semoga tahun depan aku juga sudah mulai bisa berkurban sendiri :) mas Tipis juga aku do’ain biar bisa berkurban sendiri dan semoga bisa menyantuni para fakir miskin yang ada :)

    kl qurban sendiri alhamdulillah sudah 3 tahun ini istiqomah :) kl menyantuni fakir miskin belum kesampaian, paling hanya infaq di masjid dan yayasan doang :D
    dijawab pada : Senin, 08 Desember 2008 22:15:46
  10. 10 chodirin

    biar gak repot2, qurbannya lewat rumahzakat aja. sekalian promosi :)

    hehe iya ayo2 semua, eh udah lewat ya waktunya :D
    dijawab pada : Senin, 08 Desember 2008 22:03:22
  11. 11 ontria

    semoga tahun depan saya mampu untuk berkorban :)

    semoga amin :)
    dijawab pada : Senin, 08 Desember 2008 22:03:03
  12. 12 izandi

    selamat hari idul adha :D

  13. 13 geblek

    tahun ini kambing dan tahun depan sapi

    amin semoga pak :)
    dijawab pada : Senin, 08 Desember 2008 21:51:58
  14. 14 Ade

    Met idul Adha mas Tipis..
    iA kurbannya diterima oleh Allah Amiinn..

    amin makasih uni :)
    dijawab pada : Senin, 08 Desember 2008 21:41:41
  15. 15 chibogacrew

    chibogacrew mengucapkan

    “Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H”

  16. 16 anonim

    Selamat Hari Raya Idul Adha - semoga kita2 semakin berkenan di
    hadapan-Nya.

    Semoga kita tidak hanya menqurbankan hewan-hewan spt kambing & sapi di hari yang suci ini..
    tapi kita mau menqurbankan juga “kehewanian” dalam diri kita..
    Tidaklah penting menqurbankan hewan2 spt kambing & sapi..
    Tapi lebih penting untuk menqurbankan kehewanian dalam diri kita..

    Bila kehewanian dalam diri kita masih “buas” dan “tidak terkendali”,
    sudah pasti cepat atau lambat, kita akan mencelakan orang lain.
    Bila kehewanian dalam diri kita masih kuat,
    sudah pasti kita cenderung akan berbuat hal-hal yang hewani..
    Kata2 ini adalah untuk saya.. karena saya menyadari ada “kehewanian”
    dalam diri saya..
    Jika Anda bukan, Anda pasti tidak akan tersinggung,
    bila Anda masih hewani, berarti kita adalah teman..
    semoga Anda2 tidak tersinggung.
    dan semoga Kita mau bersama2 berjihad untuk menjinakkan “kehewanian”
    dalam diri kita.

  17. 17 Paman Gober

    Tahun ini belon sempet mas, moga2 ditahun 2009 nanti umur saya dipanjangkan oleh Allah swt biar bisa ikut berQurban.. AMIN

  18. 18 IkProm

    mau ikutan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H,
    mohon maaf lahir batin

  19. 19 vila dijual

    Alhamdulillah tahun ini saya bs berqurban dari peenghasilan saya sendiri, kalau tahun lalu msh dr kantong ortu hehehehe

  20. 20 thefachia

    Alhamdulillah dari blog juga saya bisa berqurban…

    :D

  21. 21 Abi Bakar

    Minal aidhin wal faidhin bro Ied Mubarrak ya Akhi!

  22. 22 Rizky

    Aku belum bisa berqurban, masih blum punya penghasilan

    BTW, minal aidin wal faidhin met hari raya idul adha

  23. 23 ardi

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H juga…

  24. 24 Sport Fitness Training

    Aminnn Hari Raya Idul Adha 1429 H

  25. 25 Zamahsari

    Kita memang harus membunuh sifat kebinatangan kita. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT

    Zamahsari-http://zam-sy.blogspot.com
    Smart steps for Success

  26. 26 Yopan Prihadi

    Rasanya saya ingin sekali berkurban jika kelak nanti mendapatkan rizki yang cukup….
    Semoga tahun depan saya seperti mereka-mereka yang telah menafkahkan hartanya demi keikhlasan berkorban.
    Selamat hari raya iedul Adha untu semua..

  27. 27 IkProm

    ayo berQurban mulai dari hal hal yang sederhana
    sekali lagi mengucapkan selamat hari raya idul adha u/ semua

  28. 28 hakimtea

    tadinya saya juga mau qurban mas, berhubung dolarnya pas buat beli laptop, ya udah laptop dulu ntar tahun depan dapat banyak lagi dolar baru qurban, Insya Allah :) Amien. do’ain ya mas, biar bisa qurban pake unta :mrgreen:

  29. 29 myrazano

    Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

    Salam kenal dari saya, semoga blog saya yang pertama yang berbayar ini bisa menambah khasanah pemikiran dan wawasan ke-Islam-an kita semua terutama Allah dan Hakekat Ketuhanan

    Judul Posting Pertama Adalah “ Ternyata Allah Bukan Tuhan Sesungguhnya “

    http://Myrazano.com menunggu kunjungannya

    Dan selamat hari raya Idul Adha 1429 H
    Semoga Allah Memberkahi kita semua

    Dan ( lagi ) ditunggu kunjungannya

    Amin

  30. 30 chibogacrew

    Hari Raya Idul Adha 1429 H

  31. 31 ipanks

    selamat idul adha ya om

  32. 32 persikers

    wah telat aku :D Selamat Idul Adha :D

    jek onok ga Torpedone ? ;;)

    cuman dapet kepala dan paha satu mas :D
    dijawab pada : Kamis, 11 Desember 2008 17:17:46
  33. 33 Dhimas

    Enaknya sate kambing.. :grin:

  34. 34 EEng

    alhamdulillah idul adha kali ini bisa makan kambing.
    nasib anak kos jauh dari rumah. hehe..

  35. 35 Happy New Year Blogger Contest

    Aku udah qurban kemarin hehehe

  36. 36 reza

    he..he..he , reza nggak hadir pemotongan nih ! :D

  37. 37 atokaja

    insya Allah bisa berkurban tahun depan

  38. 38 adult vod

    thanks you are a good writer.

  39. 39 ghalzzz

    thanxs mas . . . insya allah bsok ikut kurban . . . :)

  40. 40 Chanel Purses On Sale

    It really is good to possess the capacity to examine a great high quality article with practical specifics on topics that plenty are interested on. The stage that the information indicated are all first hand on reside experiences even guide a lot more. Proceed performing what you do as we really like readi?-

  41. 41 toko bunga banjarnegara

    jangan sampai sesat agar masuk sorga

  42. 42 Obat Tradisional Jantung

    sip,,,

  43. 43 jono
  44. 44 art

    I have been browsing online greater than 3 hours
    as of late, but I by no means found any attention-grabbing article like yours.

    It is pretty value sufficient for me. In my opinion, if
    all webmasters and bloggers made just right content as you did,
    the web will likely be a lot more useful than
    ever before.

  45. 45 168sdbet

    Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    Judi Online http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

  46. 46 septic tank biotech

    aamiin ,,, makasih artikel y ..

    sungguh menyadarkan hati …

  47. 47 biotech indonesia

    info y tq ..

    bermanafaat sekali …

  48. 48 stp biotech

    bagus sekali blog y ..

    sungguh bermanfaat sekalii ..

Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online