Waduh “anuku” kok makin kecil ya ?

http://client.alexa.com/common/images/logotrafficRankings.gifJangan mikir yang aneh² ya, anuku sehat² saja kok :D . Hanya ingin ngelanjutin postingan tentang mbakyu alexa kemarin. Maaf kelamaan, padahal janji besok harinya :D . Hari ini anu alexa rank ku mengecil lagi, alhamdulillah :) . Membaca komentar teman² sebenarnya sudah terjawab kok kenapa blog ini alexa ranknya bisa imut² :) . Alexa tuh nama besar dan dipercaya sebagai salah satu parameter dibisnis internet, selain google pagerank, link popularity dan technorati. Nah tiap² parameter ini melakukan perhitungan dengan algoritma masing² dan gak mungkin ngaco. Hanya saja kita² ini yang suka berasumsi karena mereka tidak secara terang²an membuka algoritma perhitungannya pada publik :D .

Halah ngemeng epe saya barusan ? sok tahu hahaha. Nah khusus untuk alexa, memang tersangka utamanya adalah alexa toolbar. Algoritma alexa menghitung trafik dari pengunjung yang menggunakan alexa toolbar. Lha yang punya ngaku sendiri, baca aja DISINI. Coba tengok website² penyedia layanan perhitungan trafik, pasti mengharuskan kita memasang script diblog agar mereka dapat melakukan perhitungan, lha alexa gak ngasih script apa² trus darimana ngitungnya ?? . Ya dari alexa toolbar :D

Agar lebih ilmiah dikit, ayo kita pakai studi kasus blog ini. Apa saja yang saya lakukan dan apa saja yang terjadi diblog ini ?

Daftar resmi di Alexa.Com

Mungkin teman² para blogger jarang melakukan ini, saya juga tidak tahu sejauh mana efeknya. Blog ini saya daftarkan resmi diwebsite alexa dengan mengisi form yang disediakan. Hanya saja alexa meminta email yang sesuai dengan domain blog bukan email gratisan. Ini yang tidak bisa dilakukan teman² yang blognya nebeng di wordpress dan blogspot.

Pasang Alexa Widget dan Addon Alexa

Sepertinya hampir semua blog teman² sudah memasang alexa widget. Addon Alexa di install pada browser. Keduanya dicurigai sangat berperan aktif dalam perhitungan alexa rank. Mereka berdua inilah yang kemungkinan menjadi mata² dan mengirim data ke server alexa.

Rajin posting

Saya usahakan setiap hari posting minimal 1 tulisan, separah²nya 3 hari sekali. Tapi itu jarang saya lakukan, paling² 2 hari sekali. Kalau ada job review malah sehari bisa 2 sampai 3 postingan. Teman² blogger pasti setuju donk dengan point yang ini, semakin sering update, maka semakin sering robot search engine berkunjung ke blog kita dan semakin banyak yang terindex tentunya.

Pasang EntreCard Widget

EC sudah terbukti sangat manjur mendongkrak alexa rank. Kenapa ? ya karena member EC semuanya pasti blogger, dan blogger kemungkinan besar menginstall alexa toolbar dibrowsernya. Nah member EC kan saling mengunjungi dan saling ngedrop EC. Makin banyak yang ngedrop tentu saja trafik meningkat dari browser yang ber alexa toolbar :) . Tapi sejak dicerai EC beberapa waktu lalu widgetnya sudah gak nampang lagi diblog ini :D .

Pengunjung berbasis komunitas

Apaan tuh maksudnya ? Dulu saya bingung kenapa pengunjung blog ini stabil banget jumlahnya tiap hari. Ya berkisar 100-150 orang perhari. Gak pernah tuh tiba² mbledhos jadi buanyuaaak atau menciut jadi sedikit. Ya karena pengunjung blog ini itu² saja alias hanya komunitas antar sesama blogger. Saya tidak pandai nembak keyword rame sih :D . Apalagi tema blog ini yang kebanyakan berkisar didunia ngeblog. Karena yang berkunjung kebanyakan blogger,  yang kemungkinan besar menginstall alexa toolbar dibrowsernya ya wajar saja kalau alexa banyak mencatat trafik dari blog ini :D . Pengen juga blognya dikunjungi banyak blogger ? ya banyakin blog walking donk :D

Posting bahasa Inggris

Saya tidak tahu pastinya, tapi semenjak blog ini mulai posting job review yang berbahasa Inggris, alexa rank semakin cepat menciut. Kemungkinan alexa mempertimbangkan pengunjung dari luar negeri. Karena kan sebenarnya alexa tidak hanya menghitung ranking blog kita secara global, tapi ranking blog kita di tiap negara yang pernah berkunjung keblog kita. Untuk blog ini coba klik DISINI. Coba scroll kebagian paling bawah, disitu ada daftar ranking blog ini dinegara lain. Ada Indonesia, Mauritius, Syria, Egypt, India, Philippines dan United States. Mungkin alexa rank global nya merupakan akumulasi perhitungan dari ranking² dinegara lain itu. Ini mungkin lho, saya juga gak yakin :D

I love Spammer :D

Pada para spammer yang ngespam blog ini sampai puluhan bahkan ratusan kali tiap hari saya ucapkan terima kasih. Mungkin peran anda sedikit banyak berpengaruh pada alexa rank blog ini dengan trafik yang gk penting. Jangan kapok² ngespam blog ini ya, walaupun semuanya ketangkap akismet :D (point ini aseli ngaco gak ada dasar hukumnya sama sekali haha)

***

Sudah rasanya itu saja yang saya lakukan diblog ini. Saya gak tahu dan gak bisa ngasih garansi apa² tentang apa yang baru saja saya paparkan diatas. Semua hanya kira² :D . Buat teman² yang punya blog bertrafik tinggi dari search engine karena menerapkan ilmu SEO tingkat tinggi tetapi alexa ranknya masih kecilan blog saya, saya hanya bisa bilang mungkin para pengunjung blog anda kebanyakan adalah manusia biasa, bukan blogger (blogger kan manusia luar biasa :D ) yang dibrowsernya tidak ada alexa toolbarnya.

Mau tahu blog yang trafiknya selangit karena yang punya memang jagoan SEO jadi banyak pengunjung dari searh engine dan suka bagi² ilmu ngeblog dan ilmu SEO nya sehingga pengunjung dari kalangan manusia luar biasa blogger juga banyak ?? ya blognya si Bocah itu hahaha. Perpaduan yang maut antara trafik organik dari search engine dan trafik berbasis komunitas hehehe.

Trus memang kenapa kalau alexa ranknya kecil ? apa efeknya ? sejauh mana kekuatan alexa rank berpengaruh pada bisnis ngeblog ? . Tunggu edisi Alexa Rank Effect part 2 coming soon :D (gak berani janji ntar meleset lagi hihi)

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

49 Responses to “Waduh “anuku” kok makin kecil ya ?”


  1. 1 persikers

    Entrecard setelah membaned yang jualan point jadi males :(

    kirain “anu apaan” :P

    hehe iya mas aku mo daftar lagi jg males :D . tapi kl butuh trafik kecil2an EC maknyus bgt loh sambil melorotin alexa rank sekalian :D
    dijawab pada : Sabtu, 09 Nopember 2008 00:54:59
  2. 2 bocah

    heleh bentar lagi mas tipis alexanya udah 50 rb tuh :D nyusul punya aye :D . makin lama aq makin jeblok bos :D padahal trafiknya stabil :D ga tahu kenapa.

    weh iya tinggal dikit nyampek ke alexa ranknya bocah asik :d
    dijawab pada : Sabtu, 09 Nopember 2008 00:56:16
  3. 3 Leoslab

    Weeee posting serupa heheheheh. Eh mas baca postingku tentang mitos widget alexa. Semoga bisa meluruskan mitos itu.

    wah sudah jd mitos ya? Serem nih. Menuju tkp mas
    dijawab pada : Minggu, 09 Nopember 2008 12:17:57
  4. 4 xero

    wah ini tips yang sudah saya tunggu-tunggu, koment dulu baru baca, laris banget yg koment :D

  5. 5 anton

    Selamat mas, btw alexa saya masih N/A terus tahu solusinya ngga?
    Terima kasih

    coba aja cara diatas mas. Itu yg sy lakukan
    dijawab pada : Minggu, 09 Nopember 2008 12:21:02
  6. 6 ilham

    ueheheheheeh judulnya bagus tu unik2,bikin penasaran,tiru ah ueheheheheh

  7. 7 gadis

    aq kira anu apa :D ternyata alexa

  8. 8 Toga

    Muantep anunya, halah…. :D Tipsnya maksudnya

  9. 9 ariwolu

    Praktekkin akh sapa tau anuku juga bisa menciut :D

  10. 10 Ronggoa

    walah bicara anak takuuutttt ce aku lom dapat niihhh

  11. 11 danu

    wew, blog saya myqsl nya modar mas… huaa…. misi nangis njerit-njerit disini ya mas, jangan diusir ya mas, ga ada lagi tempat mengadu, huaa…

    wah error lg ya mas? Yg sabar ya mas. Pindah aja hostingnya
    dijawab pada : Minggu, 09 Nopember 2008 12:25:07
  12. 12 Pramudita

    Iya, alexa smua bot, robot, script, manusia, spammers juga dihitung. Coba deh kalo bot2 nakal dan spammernya di blok, anumu bertambah gede :D

  13. 13 ensept

    ditunggu posting berikutnya mas…

    BTW layanan yg menyerupai EC belum ada ya??

    ada mas namanya kl gk salah site hoppin.mas jimmysun pernah bahas kok cari aja diblognya :)
    dijawab pada : Minggu, 09 Nopember 2008 12:30:26
  14. 14 Arikaka.com

    Selamet e y..
    ..

  15. 15 bocahiseng

    judulnya menggoda xixixixi

  16. 16 tetetzet

    Selamat dech.. sesuai namanya dunk, tipis alias tidak tebal.. jadinya sedikit dan menciut terus.. salam kenal ;)

  17. 17 babbicool

    wew . mao donk spam :D

  18. 18 ontria

    hmm nerima pencerahan tentang alexa nih bozz, dan thx buat tipsnya ditunggu yang jilid 2 eh part 2 yah hehe

  19. 19 mbahmul

    wah, kirain anunya makin tipis wekekeke..

  20. 20 BiE

    nasib, PR dibabt abis ma google, Alexa Rank juga ikut turun punya gw :(

  21. 21 gusbud

    Mas ane download addon alexa kok ndak bisa ya? ada solusi gak? nuwun

    wah kok gk bisa mas. donlutnya langsung dari firefox aja. klik menu Tools –> Add-ons trus klik menu Get Add-ons. Search aja “Alexa Sparky” trus install ok :)
    dijawab pada : Senin, 10 Nopember 2008 21:46:34
  22. 22 ipanks

    untuk yg entrecard, punya saya dah didelete dan kena banned dari administrator.dia bilang postingan saya paid review semua.klo saya pikir2 administratornya rada fekok juga. soalnya kan klo mau ikutan paid review harus ada PR gugel minimal PR1 dan alexa harus bagus.nah ini PR aja belum pecah alias msh PR0 trs alexa msh 1,5 jt an.gmn bisa ikutan paid review. tapi udahlah gpp, itung2 bikin administratornya seneng.

  23. 23 geblek

    weh padahal setelah baca title sudah siap siap menyarankan pergi ke anak cucu mak erot biar anu mas besar kembali :)
    well suwun tips nya mas

  24. 24 yoki

    berarti kita serbu aja warnet di tiap kota.. untuk dipasang add-ons alexa di browsernya.. biar blogger indo apda untung.. hehehe :)

  25. 25 herinxi

    blog ane dah di blok ama EC,
    makasih info2 nya,
    katanya banyakin content dan backlinks, yg laen2 pada ngikutin :)

  26. 26 fenny

    alexaku juga turun 2x ini. dari 83rb an jadi 84.111, sekarang jadi 84.884 :(

  27. 27 Yopan Prihadi

    Saya baca yang paling atas jadi lemes deh…soalnya pake blogspot.
    Tapi ada juga yang pake blogspot dan alexanya melesat dibawah 90.000 kaya blognya Kang Rohman..
    Eehh…jadi semangat lagi nih…

  28. 28 sandy

    wadduw…

    saya pake blogspot nui bozzzz….

    gmana dunk???

    wadduw anu sampeyan bener” jadi ciut n tipisss…

  29. 29 unksenna

    alexa updatenya tiap minggu sekali bukan yah?

  30. 30 aatea

    mas aku kan pake co.cc alexa nya koq dihitung berdasarkan traffic co.cc, nya gimana caranya supaya dihitung berdasarakan traffic blog kita mohon pencerahannya

  31. 31 latihan seo untuk pemula

    wih, 70,276 =P~, kasih tipsnya dong bos :D

  32. 32 Jaka

    Kirain anu apaan mas :D

  33. 33 angga

    wwiiieee…. alexanya imut banget… aku aja nurunin dari 13.000.000 ke 6.000.000 udah pontang panting… banting tulang… hehehe

  34. 34 ali mustika sari

    tak kirain anunya mas….
    Alexa ku sekarang mulai di bawah sejuta…:):):)

  35. 35 indonesianku

    turut prihatin, anunya kecil, tipis lagi hihiihihi

  36. 36 theblues

    sama alexa gue juga ga mau besar.

  37. 37 Tedd

    Banyak ornag yang pakai bot supaya alexanya naik. Biasanya rank alexa menentukan nilai situs waktu dijual sih..

  38. 38 Mansuka

    Wah ni posting yg saya cri2 . .Alexa ku mentok di 1,2 jutan gak naik gak trun. .Bingung mau ngapaen. .Jadi toolbar alexa bisa di instal ya? Thanx atas infonya mas . .

  39. 39 Ferienwohnung

    Does that rank is really so efficient?!
    I don’t actually think so!

  40. 40 berbagi

    Aku udah banyak tulis komentar hari ini, ada kali 10 mah. masuk spammer gak. hehe…

  41. 41 romantika

    baru 4 komen, ntar nambah lagi ah. :D

  42. 42 blog gaul

    kirain “anu” apaan. hahaha

  43. 43 peduli

    “anu”ku juga masih kecil.. masi baru seh…

  44. 44 Tej Kohli

    I also want good page Alexa Rank for my website

  45. 45 informasi kesehatan

    wah selamat ya..mudah mudahan ane bisa nyusul ranking alexa nya makin naikkk… :D

  46. 46 Ralph Lauren Shop

    One of the best sites for relevant facts on this niche !?!

  47. 47 Coach Bags

    i genuinely like your world-wide-web internet site. Its really informative. Goodbye!

  48. 48 toko bunga gombong

    kalau nyepam boleh, berarti ngiklan di komen juga boleh ya….

  49. 49 joko
  1. 1 (mencoba) Belajar Paid Review | blogicthink.com
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online