film streaming peliculas online ver pelicula online peliculas online gratis peliculas online hd peliculas hd online peliculas hd latino online filme moca hd cine hd online
peliculas online peliculas4 peliculas online latino peliculas en linea peliculas online gratis ver cine gratis cine online gratis peliculas de cine cine gratis latest movies play online games play games filme online seriale online seriale subtitrate seriale filme online seriale filme

Layanan Publik makin Mudah

Saya masih ingat betapa susahnya mengurus pembuatan KTP ketika masih SMU dulu. Berkali² saya dipingpong petugas Kelurahan dan Kecamatan. Apalagi wajah saya yang rada oriental ini sangat mendukung untuk dipersulit pengurusannya. Maklum jaman Orde Baru tahu sendirilah seperti apa birokrasi kita.

Ketika masa reformasi berjalan beberapa tahun, mutu pelayanan publik seperti pembuatan KTP, SIM, STNK, dll masih relatif sama. Karena itu setiap kali mengurus surat² saya selalu dikerjakan orang lain, alias lewat perantara alias calo :D . Biaya memang naik berlipat² tapi efektif tidak buang² waktu dan tenaga.

Sampai setelah berkeluarga, frekuensi bersentuhan dengan birokrasi macam begini makin sering. Mulai pembuatan KTP istri yang pindah dari luar pulau, pembuatan kartu keluarga (KK), perpanjangan SIM dan STNK sampai pembuatan akte kelahiran untuk anak²i. Karena saking seringnya saya kemudian memberanikan diri mengurus semuanya sendiri, kalau selalu lewat perantara gak kuat biayanya.

Ternyata sekarang semua terasa lebih mudah. Mulai pengalaman pertama mengganti data di KTP istri yang salah, penambahan data anak di KK sampai 2 kali, perpanjangan SIM, pembuatan akta kelahiran untuk kedua anak saya dan yang terakhir pembayaran pajak motor yang sangat mudah dan cepat.

Nampaknya pemerintah sudah mulai sadar tentang peningkatan kualitas pelayanan pada rakyatnya. Sampai saat ini saya telah merasakan banyak kemudahannya. Sekarang tiap bayar rekening Telepon dan Speedy seringkali saya bayar lewat Drive Thru atau via ATM. Bayar rekening listrik juga via ATM atau si payment point dimanapun diseluruh Jatim. Proses pengurusan KTP dan KK juga sangat mudah dan cepat, mulai RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan. Biaya juga transparan. Catatan sipil malah menggratiskan biaya pembuatan akta kelahiran untuk anak usia dibawah 17 tahun. Semua dilayani di 1 meja.

Untuk perpanjangan SIM saya mengurusnya di Tunjungan Plaza Surabaya, karena ada SIM Corner disitu. Biaya flat hanya isi formulir dan foto :D . Untuk perpanjangan STNK datang saja ke Samsat Corner di Royal Plaza Surabaya, gak pakai antri, prosesnya hanya 5 menit, cukup menunjukkan STNK, BPKB dan KTP gak pakai ngisi formulir blas.

Dinas pemerintah yang lain mulai ikutan memperbaiki mutu pelayanannya. mereka ramai² membuat program. Dinas pajak mengeluarkan program Sunset Policy dan Badan Pertanahan Nasional merilis program bernama LARASITA.

Trauma menakutkan berurusan dengan birokrasi rasanya sudah mulai hilang. Hidup makin mudah. Bravo pemerintah, hidup Indonesia !!!!

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

29 Responses to “Layanan Publik makin Mudah”


  1. 1 Diah

    di T4 saya masih lama mas kalo’ ngurus jadi Saya masih trauma dengan lamannya kalu ngurus so jalan satu2nya benar banget lewat calo.

    surabaya udah manteb mbakyu :)
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:35:19
  2. 2 Nauval

    Kapan saya punya KTP ya….
    Masih 14 tahun sih.

    He..he..he..

    bruaaak, msh abg dung??? pulang sana tidur :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:35:45
  3. 3 tetetzet

    Alhamdulillah.. tempat saya udah serba cepat ;)

    wah ternyata makin merata aja ya ditiap kota :)
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:37:19
  4. 4 Vandy

    Aku juga kapan ya punya KTP *tiru2 nauval* :mrgreen:

    loh abg juga ya?? udah cuci tangan dan kaki blon?? bobo’ ya :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:38:10
  5. 5 Kumpulnet

    Sayangnya saya selalu dipermudah nih ngurus KTP dari jaman sekolah sampai sekarang. Malahan dulu sewaktu saya masih kuliah punya dua ktp (jakarta+cilacap)

    wah anak pejabat ya mas? :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:39:25
  6. 6 danu

    semoga layanan seperti ini ada di kota padang

    amin :) nasi padang emang maknyuss tenan :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:40:13
  7. 7 waralaba

    SIM corner & Samsat corner di jakarta dimana ?, ato blm ada ? :D

    yah jkt payah, contoh sby donk :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:44:09
  8. 8 Dudi

    Memang, reformasi birokrasi birokrasi nampaknya mulai memberikan hasil. Hal ini bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat maupun melalui lembaga resmi seperti nilai Indeks Persepsi Korupsi kita yang mengalami peningkatan tahun ini. Namun demikian, proses perbaikan ini akan memakan waktu yang sangat panjang. Perlu waktu puluhan atau mungkin lebih dari seratus tahun. Yang penting, kita sudah berada dalam jalur yang benar untuk memperbaiki negeri ini. Semoga.

    tul mas, sudah banyak perubahan kearah positif semoga makin meningkat :)
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:44:53
  9. 9 utchanovsky

    Walah, kemaren saya perpanjang sampe 3 minggu lebih lho :lol:

    Printer ngadat lha, berkas ilang lha, macem2 alasannya

    hehe alasan klasik mas, kasih duit pasti lancar :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:45:40
  10. 10 xero

    gitu harusnya pemerintah kita, nunjukin kemajuan, bukan kemunduran dan keribetan melulu hehehehe

    hidup indonesialah pokoke :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:48:50
  11. 11 cimung5

    pro pemerintah nih :D

    hehe gk juga, tp kl kearah yg baik ya didukung donk :)
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:51:45
  12. 12 jimmy

    di bandung juga sekarang sudah ada tempat perpanjangan SIM di mall, jadi gak usah ke kantor polisi yang menyeramkan itu :D

    tul mas, saya kl kekantor polisi takut haha
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:53:13
  13. 13 mfajrinet

    Mudah-mudahan pelayanan jg jadi maksimal dan uang sogok menghilang.. ;)

    yoi mas bener, sogok menyogok tuh landasan utamanya korupsi :D
    dijawab pada : Selasa, 30 September 2008 23:53:39
  14. 14 Diah

    Emang harus gitu seharusnya… dan harusnya udah meratA KE berbagai daerah… tapi di sini kok belum…lapor pak polisi??

    hehe kok lapor pak polisi sih mbak? lapornya ke pak rt aja :D
    dijawab pada : Minggu, 05 Oktober 2008 23:00:27
  15. 15 Anto

    memang seharusnya tidak pakai calo2 segala,
    tapi kalau seperti saya yang masih kuli ini
    waktu sangatlah berharga, ya terpaksa harus
    pakai nyuruh saudara/temen buat ngurusin
    walaupun biayanya bisa 2 kali lipat.

    yang penting nggak mendukung sistem calo
    dan sogok menyogok gitu..

    hehe iya mas, saya juga dulu gitu. sekarang udah nggak :)
    dijawab pada : Selasa, 07 Oktober 2008 16:21:35
  16. 16 Deca

    bukan cuma layanan KTP,SIM & STNK dunk yg di permudah…tp smua lyanan publik.. trims :D

  17. 17 Betty

    Masa sih ngurus KTP di Surabaya mudah..? Perasaan gak deh, pengalaman saya dibikin susah sm aparat. Smp2 saya uda agak malas utk ngurus sampai sekarang. Syarat2nya apa saja yah sebenernya utk bikin KK dan KTP pindah dr luar propinsi/pulau..? Apa memang harus punya tanah di Srby baru boleh bikin KK dan KTP surabaya..?
    trims..

  18. 18 eka

    thks ya mas atas masukannya saya lagi bikin skripsi tentang pelayanan publik dalam pembuatan akte kelahiran di kota padang, doain ya agar skripsi saya cepat selesai

  19. 19 yuni

    mengurus di samsat corner ini biayax lebih mahal ga ya?

    biayanya standart mbak, sesuai dengan biaya ngurus biasa tanpa calo :)
    dijawab pada : Selasa, 21 Juli 2009 09:05:05
  20. 20 Arif

    Nah…,
    Dinas Kependudukan di Seluruh Indonesia sekarang Punya SIAK
    (Sistem Informasi Administarasi Kependudukan)
    yang nantinya Seluruh WNI dan WNA terdata secara lengkap dan Akurat,
    Asal mau mengurus sendiri tanpa perantara orang lain, pasti dibantu.
    Bahkan telah ada Peraturan nya
    UU/23 thn 2006;
    PP/37 thn 2007 dan
    Perpres/25 thn 2008.
    jd 1 NIK untuk seumur hidup kemanapun kita Pindah di seluruh NKRI.
    Dukung ya…!?!

  21. 21 Stop Smoking

    Hoho……kalo di kabupaten saya masih serba ribet nih om…kalo ada uang baru bisa cepet…wkwkwkwkw

  22. 22 insico

    ada uang urusan makin lancar, gitu lah kondisinya. kapan majunya

  23. 23 jelly gamat

    sama,,
    di tempat saya juga mkin mudah.
    bayar listrik tinggal sms. :) yaaa smoga aja selanjutnya bangsa ini mkin mempermudah pelayanannya kepada rakyat, juga pelayanan semacam pengobatan gratis

  24. 24 dion

    apa membayar pajak harus membawa bpkb asli,satu tahun yg lalu saya membayar pajak di samsat corner royal plaza tnpa membaya bpkb tdk mslh?

  25. 25 Chanel Purses Sale

    Hi, exactly where did you get this info can you please support this with some proof or you might say some very good reference as I and others will actually enjoy. This details is actually great and I will say will usually be helpful if we attempt it possibility free. So if you can back it up. That may really support us all. And this may well bring some good repute for you.

  26. 26 Coach Coupons

    Very first factor , A large thank you for you to open my eyes.

  27. 27 parcel cilacap

    Mudah dan semoga sistem calo bisa dihapus

  28. 28 florist di banyumas

    Dengan layanan publik secara online akan menghemat waktu, karena bisa dilakukan dari mana saja

  29. 29 joki
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online