Layanan Publik makin Mudah

Saya masih ingat betapa susahnya mengurus pembuatan KTP ketika masih SMU dulu. Berkaliยฒ saya dipingpong petugas Kelurahan dan Kecamatan. Apalagi wajah saya yang rada oriental ini sangat mendukung untuk dipersulit pengurusannya. Maklum jaman Orde Baru tahu sendirilah seperti apa birokrasi kita.

Ketika masa reformasi berjalan beberapa tahun, mutu pelayanan publik seperti pembuatan KTP, SIM, STNK, dll masih relatif sama. Karena itu setiap kali mengurus suratยฒ saya selalu dikerjakan orang lain, alias lewat perantara alias calo ๐Ÿ˜€ . Biaya memang naik berlipatยฒ tapi efektif tidak buangยฒ waktu dan tenaga.

Sampai setelah berkeluarga, frekuensi bersentuhan dengan birokrasi macam begini makin sering. Mulai pembuatan KTP istri yang pindah dari luar pulau, pembuatan kartu keluarga (KK), perpanjangan SIM dan STNK sampai pembuatan akte kelahiran untuk anakยฒi. Karena saking seringnya saya kemudian memberanikan diri mengurus semuanya sendiri, kalau selalu lewat perantara gak kuat biayanya.

Ternyata sekarang semua terasa lebih mudah. Mulai pengalaman pertama mengganti data di KTP istri yang salah, penambahan data anak di KK sampai 2 kali, perpanjangan SIM, pembuatan akta kelahiran untuk kedua anak saya dan yang terakhir pembayaran pajak motor yang sangat mudah dan cepat.

Nampaknya pemerintah sudah mulai sadar tentang peningkatan kualitas pelayanan pada rakyatnya. Sampai saat ini saya telah merasakan banyak kemudahannya. Sekarang tiap bayar rekening Telepon dan Speedy seringkali saya bayar lewat Drive Thru atau via ATM. Bayar rekening listrik juga via ATM atau si payment point dimanapun diseluruh Jatim. Proses pengurusan KTP dan KK juga sangat mudah dan cepat, mulai RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan. Biaya juga transparan. Catatan sipil malah menggratiskan biaya pembuatan akta kelahiran untuk anak usia dibawah 17 tahun. Semua dilayani di 1 meja.

Untuk perpanjangan SIM saya mengurusnya di Tunjungan Plaza Surabaya, karena ada SIM Corner disitu. Biaya flat hanya isi formulir dan foto ๐Ÿ˜€ . Untuk perpanjangan STNK datang saja ke Samsat Corner di Royal Plaza Surabaya, gak pakai antri, prosesnya hanya 5 menit, cukup menunjukkan STNK, BPKB dan KTP gak pakai ngisi formulir blas.

Dinas pemerintah yang lain mulai ikutan memperbaiki mutu pelayanannya. mereka ramaiยฒ membuat program. Dinas pajak mengeluarkan program Sunset Policy dan Badan Pertanahan Nasional merilis program bernama LARASITA.

Trauma menakutkan berurusan dengan birokrasi rasanya sudah mulai hilang. Hidup makin mudah. Bravo pemerintah, hidup Indonesia !!!!

32 Comments

  1. Diah September 29, 2008 Reply
  2. Nauval September 29, 2008 Reply
  3. tetetzet September 29, 2008 Reply
  4. Vandy September 29, 2008 Reply
  5. Kumpulnet September 29, 2008 Reply
  6. danu September 29, 2008 Reply
  7. waralaba September 29, 2008 Reply
  8. Dudi September 29, 2008 Reply
  9. utchanovsky September 29, 2008 Reply
  10. xero September 29, 2008 Reply
  11. cimung5 September 30, 2008 Reply
  12. jimmy September 30, 2008 Reply
  13. mfajrinet September 30, 2008 Reply
  14. Diah October 5, 2008 Reply
  15. Anto October 6, 2008 Reply
  16. Deca November 5, 2008 Reply
  17. Betty December 10, 2008 Reply
  18. eka April 7, 2009 Reply
  19. yuni July 21, 2009 Reply
  20. Arif March 21, 2010 Reply
  21. Stop Smoking April 23, 2010 Reply
  22. insico May 9, 2011 Reply
  23. jelly gamat August 3, 2011 Reply
  24. dion November 17, 2011 Reply
  25. Coach Coupons July 11, 2012 Reply
  26. parcel cilacap December 11, 2012 Reply
  27. florist di banyumas January 9, 2013 Reply
  28. septic tank biotech December 11, 2014 Reply
  29. biotech indonesia December 11, 2014 Reply
  30. stp biotech December 11, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *