Mensyukuri Iman

Apa yang selalu anda minta pada ALLAH setiap kali berdoa? biasanya sih minta kelancaran rejeki, jodoh, kesehatan, dimudahkan segala urusan dan kenikmatan yang lain², ya kan? Pernah gak berdoa agar selalu diberi nikmat Iman ?

Mungkin kita seringkali bersyukur diberi rejeki yang cukup, jasmani yang sehat, keluarga sakinah, pekerjaan yang baik dan kenikmatan yang lain. Tapi pernahkah kita bersyukur bahwa hari ini kita masih berIman? bahwa hari ini masih ada keImanan dalam diri kita.

Iman patut disyukuri tiap hari. Bayangkan kalau dalam diri seseorang sudah tidak ada lagi keimanan. Tidak takut pada ALLAH, tidak peduli surga dan neraka, tidak peduli benar atau salah. Sesehat apapun dan sekaya apapun seseorang tanpa Iman dihati semua itu tidak berarti.

Lalu apakah Iman itu ?

Karena saya seorang muslim, maka saya berbicara sedikit tentang iman menurut ajaran agama saya. Tapi saya berusaha agar penyampaiannya lebih ringan.

Iman adalah ikrar dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan anggota badan. Jadi iman mencakup tiga hal itu. Karena itu iman punya kadar/bobot. Kadar keimanan bisa bertambah dan bisa berkurang.

Biasanya iman akan bertambah ketika kita menghadiri pengajian dan meresapi nasehat²nya, tentang pahala dan dosa, surga dan neraka. Tapi ketika dia telah meninggalkan pengajian itu bisa jadi kadar keimanan dalam hatinya akan berkurang. kadar bertambahnya iman juga bergantung pada ucapan. Orang berzikir 10 kali tentu berbeda kadar tambahan imannya dengan orang yang berzikir 100 kali.

Iman itu perkataan, perbuatan dan keyakinan yang bisa bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

Dalam Islam, pokok keImanan terangkum dalam Rukun Iman yang 6. Yaitu iman pada Allah Azza wa Jalla, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-KitabNya, Rasul-RasulNya, dan dibangkitkannya manusia setelah mati, serta iman kepada qadar yang baik maupun buruk (QS. 2-177).

Saya bukan ustadz jadi tidak bisa menjelaskan secara lengkap, saya hanya memberi pengantar saja, untuk lebih jelasnya tentang pembahasan keImanan silahkan klik DISINI. Dan tentang rukun Iman silahkan klik DISINI.

Sebagai penutup, saya kembali teringat nasehat guru mengajiku saat kecil dulu. Setiap selesai beribadah sholat, hendaknya mengucap syukur, minimal atas 3 hal, yaitu :

  1. Bersyukur atas nikmat dan berkah keimanan dan keIslaman yang sampai saat ini masih ada pada diri kita.
  2. Bersyukur atas rizki yang diberikan ALLAH pada kita hari ini.
  3. Bersyukur atas nikmat kesehatan yang Dia limpahkan pada kita dalam sehari ini.

Ramadhan hampir tiba
Ayo sambut dengan suka cita
Mohon maaf atas segala khilaf dan alpa
Persiapkan diri dan jiwa
Tuk EARNING PAHALA :D

Wallohu ‘Alam

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

29 Responses to “Mensyukuri Iman”


  1. 1 mailNias Zalukhu

    Horeeee pertamaaaxxx ga sia-sia capek2 dari kampung ngenet akhirnya bisa pertamax di sini hihihihi kangen nih om

    ini dia nih blogger seleb yg lagi hot²nya, apakabar mas? gimana ilmunya udah makin sakti ya? kan abis tapa brata digunung hehe. weleh saya bukan seleb mas, pertamax disini gampang kok :)
    dijawab pada : Jum’at, 22 Agustus 2008 17:19:01
  2. 2 hakimtea

    earning pahala siaplah… marhaban ya Ramadhan… ternyata iman itu lebih penting… selain jago review ternyata jago juga da’wah… mantabs mas… :)

    weleh saya cuman nyadur dari sumber2 diatas kang :) semoga bermanfaat
    dijawab pada : Jum’at, 22 Agustus 2008 17:20:51
  3. 3 Diah

    Benar mas…saya benar2 bersykur banget masih di beri iman yang kuat selama ini ..semoga bisa sampai akhir hayat Amin3X

    amin, semoga mbak :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:13:37
  4. 4 jimmy

    bersyukur memang sangat penting, supaya hidup lebih tenang

    iya mas, dan satu lg dengan bersyukur maka kenikmatan bakal dilipat gandakan olehNYA :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:15:40
  5. 5 yudi

    wah saya baru tau lebih detil tentang pengertian iman dari artikel tadi.

    setuju banget dengan bersyukur atas 3 halnya. sepertinya cocok diterapkan oleh siapa saja :-D

    iya mas kedepannya menyambut ramadhan kemungkinan besar tulisan macam ini akan sering nongol diblog ini, gpp kan? :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:16:35
  6. 6 konsultasi kesehatan

    alhamdulillah ..saudara saya ..mengingatkan tt makna syukur..
    jazakallah khoiron

    alhamdulillah. kembali kasih mas :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:18:23
  7. 7 p3durungan

    Hmmm.. iman itu supaya kita tidak rakus, harus tahu kapan saatnya mengerem berhenti :P

    yup betul mas, dengan iman kita percaya bahwa segala perbuatan kita DIA mengetahuinya. dan bakal dicatat lengkap oleh malaikatNYA. karena itu bisa mengontrol tindakan kita
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:19:15
  8. 8 rizoa

    bersyukur supaya tambah banyak nikmatna…. dan dijauhi dari siksa.. amiiin :)

    ntul mas, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatKu, maka sesungguhnya azabKu amat pedih.” (QS. 14:7)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:21:46
  9. 9 Adieska

    Wah… Makin banyak rezeki makin beriman. Mantap om… Salut ah… :) Keep the good work om tipis :D

    amin :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 00:25:12
  10. 10 Mr.Freddy

    ia..jadi manusia mesti selalu bersyukur^^

    yup bener mas, krn semua DIA yang memberi. bukan murni hasil usaha kita sendiri :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 01:49:29
  11. 11 Panda

    mari kita sambut bersama… :)

    dengan suka cita dan persiapan yang matang. jangan lewatkan kesempatan obral pahala gede2an dibulan suci :)
    dijawab pada : Sabtu, 24 Agustus 2008 01:56:34
  12. 12 ensept

    kadang sy sering lupa dengan nikmat iman dalam doa saya, terima kasih mas telah mengingatkan

    sama² mas, kita kan emang harus saling mengingatkan :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:24:28
  13. 13 Ecko

    Walah, saya termasuk yg gak mensyukuri iman nih. lha wong sholat aja masih bolong2 terus je. :(

    weh sholat masih bolong²? wah kudu dikomplitin tuh mas. mumpung masih bisa sholat :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:46:21
  14. 14 herry

    menuju bulan Ramadhan yang penuh berkahhh,
    mari menuju kebaikan dan menjauhlah dari hal-hal yang berbau lendirrr walaupun tema ini paling banyak disearch…

    weh biar bukan ramadhan juga perlendiran gk boleh mas. nyari yg halal dan menarik masih banyak kok :D
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:55:15
  15. 15 Paman Gober

    Saya bersyukur karena nikmat Islam tetap ada dihatiku.

    alhamdulillah amin :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:56:06
  16. 16 anas

    iyap..
    posting yg cocok menjelang ramadhan..

    hehe gk disengaja lo. udah pengen posting ttg ini sejak lama kok :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:56:43
  17. 17 tanahsirah

    Semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya pada semua Blogger karena masih mensukuri nikmatnya, Amiin…

    amin ya robbal alamin :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:58:30
  18. 18 alief

    duh…, apakah aku udah termasuk orang yang bersukur ya????

    loh kok malah nanya. yg tahu kan mas alief sendiri :D
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:58:56
  19. 19 Abi Bakar

    Alhamdulillah juga karena masih beriman, walau terlihat sepele namun inilah yg menyelematkan dunia akhirat:D

    ntul kang. iman adalah inti :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 22:59:34
  20. 20 Bayu Aditya

    wah, dalem bro artikelnya. tapi jadi ngingetin, makasih ya

    kembali kasih mas, met ramadhan ya :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 23:01:00
  21. 21 Deddy Andaka

    Saya berdoa semoga semua makhluk berbahagia deh :)

    amin :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 23:01:30
  22. 22 danu

    udah lama ga blogwalking,
    udah berapa hari yah…
    korban pertama sudah “dibantai”, saatnya cari korban lain… :D

    kemana aja mas ? :) met datang kembali hehe
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 23:01:47
  23. 23 BangDoel

    Nikmat iman memang musti kudu harus disyukuri, tapi dua hari ini saya baru sadar lagi kalo mensyukuri nikmat sehat juga sangat penting, soale dua hari ini lagi sakit gigi…:( mohon do’a rekan2 supaya cepat sembuh…dan bisa beraktifitas seperti biasa. Amin. sekalian mau ngucapin Marhaban Yaa… Ramadhan…

    weh sakit ya bang, cenut2 dong giginya. moga cepet sembuh ya :)
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 23:02:26
  24. 24 Nias Zalukhu

    Wah seleban Om tipis dong… yuh buktinya dari ALexa wkwkwk eh om… kasih tahu cara bikin blogrol kayak disini dong… email yachhhh Plsssss… ***memohon dengan mata berpijar-pijar…. mayangin aja mata si Miaow dalam film Sherk2

    weleh alexa mah mudah aja naiknya. ntar mas zalukhu pasti nyalip nih soalnya kan rajin bgt postingnya, dan komentatornya seabreg. cuman modal 2 itu alexa bakal melejit :) . kl ttg blogroll kan ada tutorialnya tuh dibawah blogrolnya persis. kunamai myBlogRoll v0.1 hahaha. maksudnya sih ntar mo kujadikan plugin tapi gk bisa2 hahaha
    dijawab pada : Minggu, 24 Agustus 2008 23:03:09
  25. 25 Ardian

    Bulan Suci hampir tiba, berarti saatnya memperkuat iman dan takwa :D

    hehe emang biasanya kl lg ramadhan iman dan takwa pada naek. krn apa? ya krn kita sedang puasa. makanya dibulan lain rajinlah puasa sunnah, jgn seperti saya hehe
    dijawab pada : Senin, 25 Agustus 2008 13:07:32
  26. 26 ika

    selamat berpuasa bagi segenap blogger yang menjalankannya.. :D

    amin :) , btw gravatarnya baru nih mbakyu, makin caem aja :D
    dijawab pada : Senin, 25 Agustus 2008 13:09:01
  27. 27 Witanto

    iya, amin
    Witanto

  28. 28 online hindi movies

    I truly wanted to jot down a small note to say thanks to you for those fabulous hints you are showing here. My considerable internet lookup has now been compensated with good information to exchange with my relatives. I ‘d admit that we website visitors actually are rather fortunate to be in a notable place with many perfect professionals with insightful strategies. I feel very lucky to have used your web site and look forward to so many more cool moments reading here. Thanks again for all the details.

  29. 29 Jarvis Mette

    I have noticed that of all different types of insurance, medical insurance is the most debatable because of the conflict between the insurance cover company’s obligation to remain afloat and the consumer’s need to have insurance cover. Insurance companies’ revenue on overall health plans are very low, therefore some organizations struggle to generate income. Thanks for the ideas you write about through this blog.

Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online