Cara sederhana menjawab komentar di Wordpress (Update)


Bulan lalu saya posting tips cara sederhana menjawab komentar di wordpress. Kalau belum baca ya harus baca dulu :D , ntar gak nyambung lho sama tulisan ini. Udah baca kan? yup benar saya tahu ribet bener ngejawab komentar satu². Apalagi setiap menjawab komentar harus menuliskan tag DIV terlebih dahulu. Tagnya seperti ini :



<div class="JawabKomentar">Jawaban anda sisini</div>

Nah jawaban komentarnya ditulis diantara tag DIV itu. Tips itu aku tambahin sedikit ya, biar gak ribet² banget, walaupun masih harus menjawab komentar satu² tapi gak perlu lagi menuliskan tag DIV nya. Karena kita akan menambah tombol JAWAB KOMENTAR di form edit Comment. Biar gak kepanjangan kita singkat saja menjadi “c-answer” ok :) .


Coba anda klik EDIT pada salah satu komentar yang ingin anda jawab (login ke Dashboard dulu ya :D ), anda akan disuguhkan pada tampilan seperti gambar dibawah ini :

commans1.jpg

Coba perhatikan deretan tombol² diatas form komentar, ada tombol b, i, link, b-quote, dst. Ketika salah satu tombol itu di klik, pada form Comment otomatis akan muncul tag baru sesuai dengan yang kita klik. Tujuannya jelas agar tidak susah² ngetik manual.

Nah kita akan menambah satu tombol khusus untuk JAWAB KOMENTAR. Kita mulai, silahkan login CPANEL dan cari file quicktags.js (wp-includes/js). Kalau sudah ketemu silahkan di EDIT.

Kemudian cari script dibawah ini : (biasanya ada dibaris 36)


edButtons[edButtons.length] =
new edButton(’ed_strong’
,’b’
,’<strong>’
,’</strong>’
,’b’
);

Kalau sudah ketemu silahkan tambahkan script dibawah ini tepat diatas nya :


edButtons[edButtons.length] =
new edButton(’ed_c-answer’
,’c-answer’
,’<div class=”JawabKomentar”>’
,’</div>’
,’j’
);

Hasilnya akan terlihat seperti ini :


edButtons[edButtons.length] =
new edButton(’ed_c-answer’
,’c-answer’
,’<div class=”JawabKomentar”>’
,’</div>’
,’j’
);

edButtons[edButtons.length] =
new edButton(’ed_strong’
,’b’
,’<strong>’
,’</strong>’
,’b’
);

Sudah? kalau sudah silahkan disimpan (SAVE). Sudah selesai, silahkan refresh halaman edit comment anda dan lihat tombol “c-answer” telah nongol dibaris terdepan, seperti gambar dibawah ini :

commans2.jpg

Jika ingin jawab komentar tinggal ngeKLIK tombol “c-answer” dua kali trus ketik jawaban diantara tag DIV nya.

Ada pertanyaan ??? Gak ada ya, pinter :D .
Semoga bermanfaat

   Read in another language :   by Google Translate

Related Posts

42 Responses to “Cara sederhana menjawab komentar di Wordpress (Update)”


  1. 1 Okta Sihotang

    klo di server wordpress sendiri g bisa…
    terpaksa degh pakai ;)

    iya mas kl di server wordpress gk bisa ngapa²in :)
  2. 2 persikers

    wah patut dicoba nih…makasih mas

    silahkan mas, kl udah nyoba laporan lagi disini ya :)
  3. 3 Eko Priyanto

    Jadi pengen pakai CMSWP…!! bosen juga nyobain CMSsubdreamer semuanya mesti register dulu jadi member. kelebihannya kalau subdreamer unggul di smpamnya :)

    ayo segera pindah rumah. WP customize banget loh mas, kita bisa ancurin scriptnya hehe
  4. 4 persikers

    lapor Bos saya sudah praktekkan tapi kok ga muncul tulisan seperti Tipis answer? :p buatin dums hehehehehehehehehehehehehehe

    hehe kalo itu aku modif sedikit pak file CSS nya. Gini, di file CSSnya kan ada script ngatur warna background (background:#E4EFF4;). Nah tambahin jadi gini : background:#E4EFF4 url(”images/gambar.gif”) no-repeat top left;
    Nah file gambar.gif nya ya masnya bikin sendiri, trus upload ke folder images di direktory themes blog yang aktif.
    Selamat mencoba, kalo berhasil lapor ya, kl error jangan lapor :D
  5. 5 pudakonline

    wah..saya banyak pertanyaan sebenarnya
    btw, nyoba dulu

    waduh pertanyaannya jangan susah² ya mas, pilihan ganda aja ya jangan essay :)
  6. 6 persikers

    ga usah ding mas soale aq ga iso desing jew :(( suk ae wis nek wis iso tak coba e maneh :malu:

    loh kok malah kabur, kubuatin deh, cuman gambar kecil doang kok hehehe. mau warna apa? :)
  7. 7 persikers

    wah jadi ga enak nih (padahal iku sing tak harapno) :hammer:
    manut ae mas sing penting gelap warnane :D

    Sudah jadi mas, sudah saya kirim via mail sampeyan, silahkan dicek :D selanjutnya via YM ajalah, masak cetingan di komentar postingan :)
  8. 8 elmo

    waaaaaa…. saya banyak pertanyaan om.. seperti apa itu css?trus gimana cara ke dashbornya..hihi.. *kabur sebelum ditabokin omnya..hihi

    coba ah ntar.. makasi infonya.. *nyamil

    Tendangan tanpa alasaaaaan ciaaaat!!!! gedebuk :)
  9. 9 sri

    Klo wordpressnya yang free kan ngga bisa ngedit CSS, iya ngga? :-(

    iya mbak kayaknya gk bisa :)
  10. 10 bocah

    wah gitu yah :D kalo bisa tak cobanya. Kalo ga bisa biarkanlah apa adanya

    hehehe kl bocah sampek mo jawab atu² komentar di blognya bisa lemes, lha kebanyakan :D
  11. 11 jimmy

    keren nih tips nya! jadi bingung nih apa mau ikutan cara mas tipis menjawab komen, atau tetep pake cara lama jawab komen dengan “@” ya? kalo jawab komen satu2 kayak mas tipis ini bagusnya lebih enak dibaca dan jumlah komen “original” (gak ditambahin komen kita sendiri), tapi agak repot nya karena harus edit komen satu per satu.. *mikir mode ON*

    iya nih mas gara2 aku kecapekan sendiri tiap jwb komentar selalu ngetik tag div beserta class nya. Trus kepikiran nambah tombol ini. Waktu nyari2 gk lama ktemu caranya. Selamat bingung ya :D
  12. 12 LieZMaya

    weys keren, tak bookmark dolo…kalo dah nyante ntar bikin ah
    tengkyu ya admin
    cheers!

    silahkan, ntar dicobain ya jgn lupa lo :)
  13. 13 asalbaca

    hiks..sayang aku gak bisa make :(

    hehe iya mas, mo ganti domain sendiri PR nya udah gede :) . ntar aku gantian mau berguru sama sampeyan buat ningkatin PR dari 0 langsung 5, ajarin ya :)
  14. 14 xero

    tips yang berguna om! ta gawe yooo hehehehe suwun!

    sumonggo ane malah seneng kl berguna :)
  15. 15 dipta

    Wah, mau coba ah

    Itu pun kalo bisa :D

    bisalah, mudah kok mas :) ikuti aja langkah²nya ok
  16. 16 Qie

    sayangnya aQ pengikut dari Blogger??? Tapi thanx, oOm atas ilmunya???

    iya kembali kasih :) , buat blogger ada tuh beberapa tips, di kategori BLOGGER ya :)
  17. 17 Danu

    coba dan coba akhirnya ga di coba,
    karena pas di coba malah error,
    hahahaha… :D

    wah errornya apa mas? kirim ya errornya, via email aja (japri). mas harry sukses tuh :)
  18. 18 dipta

    Hedeh, gak sukses. apa ada yang salah ya :(

    errornya laporin kesini ya mas
  19. 19 dipta

    berhasil mas, thanks :D

    welah ya udah. Semoga manfaat ya mas
  20. 20 adhi

    sy jg sukses ngikutin tips ini. akhirnya :-) tp ada satu keinginan nih. pengen nayangin tanggal n waktu komen balasan kita. jd bs kliatan klo tu komen kita kasi tanggapan balik bbrp menit atau bbrp hari stelahnya. itu gimana tuh caranya? maklum cupu :-)

    hehe jadi berkembang nih. wah ntar deh kujadiin PR dulu ya. Kapan² tapi ngerjainnya, lom ada gambaran nih. Makasih ya mas :)
  21. 21 nich

    idenya cemerlang, senang ngoprek kaya’nya yah?
    hee,hee tapi buat yang masih nebeng di wordpress.com blum bisa neh (dengan gratis) ngubah CSS-nya.

    thanks, akan saya coba di wordpress yang sudah saya hosting sendiri (kalau ada waktu).

    dan, salam kenal yah :)

    silahkan dicoba dan salam kenal jg :)
  22. 22 chodirin

    saya awalnya selalu mengedit trus pake blocquote. tapi karena males jawab semua komentar akirnya pake seperti mas jimmy. tapi ide2nya emang bagus nih.. selalu muncul ide2 baru.

    eh javascriptnya dari mana ya?

    itu nama filenya quicktags.js adanya di folder wp-includes/js
    Tanggal Jawab : Senin, 02 Juni 2008 10:21:58
  23. 23 ensept

    Di themes blog saya kok nggak ada edit comment ya? gimana nih cara mengatasinya biar muncul edit comment, padahal semua tips diatas sudah saya save semu di css maupun jsnya.

    GoodLuck

    mas ensept, untuk edit komentar mas harus dalam posisi login dashboard WP dulu. setelah login klik menu Comments, nah disitu ada tombol editnya, silahkan di edit satu² ok :D
    Date Answer : Sabtu, 07 Juni 2008 16:01:21
  24. 24 ncomputing penganti-pc

    kok gak sukses ya,,,apa salah :) :) :)

    ikuti langkahnya dari awal mas. ini tulisan berseri. ada tulisan terdahulunya. kl gak dari awal jelas error :D
    Date Answer : Jum’at, 20 Juni 2008 12:45:51
  25. 25 Ronggo

    wah riber juga nih pe ubah kode segala

  26. 26 LieZMaya

    kan ada pluginnya biar praktis, kayak saya yang pemalas inih hoho

    iya mas, ini kan cara ribet haha
    dijawab pada : Jum’at, 19 September 2008 15:30:13
  27. 27 didin

    ini khusus WP ya mas kalu di blogger?

    kl blogger sama sekali kita tidak diijinkan mengedit komentar. hanya bisa dihapus mas, jadi gak bisa diapa2in, sori :)
    dijawab pada : Senin, 22 September 2008 12:26:26
  28. 28 mpus jingga

    alhamdulillah akhirnya bisa juga bikin ini :)
    nice info om. keep sharing it with us ya

    hehe asik kan, jgn malas2 jawab komentar ya walaupun udah buanyuaaak :D
    dijawab pada : Jum’at, 10 Oktober 2008 13:41:12
  29. 29 reirei

    mas kok bisa keluar jam tgl reply gimana yak.. thx

    artikel ini ada lanjutannya mas, ngebahas ttg penambahan tgl reply. silahkan klik DISINI :)
    dijawab pada : Sabtu, 25 Oktober 2008 21:55:29
  30. 30 afif

    kalo saya karena masih belajar jawab komennya langsung edit comment tulis dibawahnya aja,,..gimana kalo itu boss bagus ga

    cara jawab komentaryang saya maksud disini juga sama mas, mengedit komentar dan menambahkan jawaban dibawahnya, hanya saja diberi style css tersendiri sehingga desainnya jadi berbeda
    dijawab pada : Selasa, 18 Nopember 2008 23:48:05
  31. 31 CAYLLA

    Nah kita akan menambah satu tombol khusus untuk JAWAB KOMENTAR. Kita mulai, silahkan login CPANEL dan cari file quicktags.js (wp-includes/js). Kalau sudah ketemu silahkan di EDIT.

    CPANEL NYA DI MANA ??? DAH GW IKUTIN MENTOK DEH …

    hehe sori lagi, sama ini tips juga buat yang wordpressnya self host. jadi kl hosting sewa sendiri ntar bisa login ke aplikasi maintenancenya, nah aplikasinya biasanya bernama cpanel :) . kl di wordpress.com gak bisa customize gini mbak :)
    dijawab pada : Rabu, 07 Januari 2009 16:31:58
  32. 32 CAYLLA

    yahhhhhhh … berarti semua modifikasi kayak pasang shout box, comment, banner, nambah widget itu mesti yg self host ya :-s klo yg free gak bisa. trus bisa dpt self host bagaimana …..

    Sorry out off topic tanya nya :D thanks

    kalau di wordpress.com bisalah pasang shoutbox dan banner, asalkan scriptnya html bukan javascript. kalau javascript di blok. kalau mau install plugin juga gak bisa. Bila mbaknya mau yang self host ya beli domain dan sewa hosting. butuh biaya. tapi ada yang gratisan kok. Domainnya pake dotCOdotCC. daftarnya DISINI. trus hostingnya bisa daftar di 000webhost, daftarnya DISINI. Nah untuk setting forwarding domain ke server hostingnya kang HakimTea sudah menuliskan tutorial ya secara lengkap. Silahkan baca DISINI. Semoga membantu :)
    dijawab pada : Kamis, 08 Januari 2009 14:08:25
  33. 33 dedhy kasamuddin

    trima kasih mas atas infonya…. :D mas… aq udah pasang link mas di blog aq… aq tunggu yah link balik dari mas, sebelumnya aq ucapkan banyak terima kasih….
    by http://bendeddy.wordpress.com

  34. 34 Nanang

    Patut di coba! terus mas kalau pakai plugin nama pluginnya apa?

  35. 35 Sekretnik

    создам себе тоже бложег и буду там писать свои мысли

  36. 36 batik tulis madura

    oh jadi njawab komentar yang ada di web ni pake cara itu??

  37. 37 mwdrcg

    Patut di coba! terus mas kalau pakai plugin nama pluginnya apa?

  38. 38 kookee01

    Feedback comment system, a system by which comments can be posted on a website.Tax Tiger

  39. 39 toko bunga cilacap

    Saya simpan dulu tutorialnya, buat nanti kalau sudah punya wordpress

  40. 40 Kyle Gerald

    One thing I would really like to say is the fact before acquiring more computer memory, take a look at the machine in to which it will be installed. Should the machine is usually running Windows XP, for instance, the actual memory threshold is 3.25GB. The installation of in excess of this would basically constitute any waste. Make certain that one’s mother board can handle an upgrade amount, as well. Interesting blog post.

  41. 41 Lean Thoeny

    I discovered your blog via Google while looking for informative posts you made some good factors there and for certain most people will agree together with your blog….

  42. 42 jasa backlink murah seo indonesia

    Thanks gan atas infonya, bermanfaat sekali nih http://ow.ly/vy0XV

  1. 1 Nich bukan nik atau nih » Blog Archive » Rumah baru yang perlu dekorasi
  2. 2 Blogwalking (50) | jurnalmagangjoe
  3. 3 where Can You Buy xanax online
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari TIPIS.WEB.ID di inbox anda:

Leave a Reply







peliculas online