Tips merawat kamera

Bukannya udah pengalaman dengan kamera digital (punya aja nggak 😀 ), ini cuman nemu tips aja, siapa tahu bisa berguna buat teman² yang nyasar ke blog ini 😀 . Setelah membeli kamera digital, kan kudu bisa merawatnya, biar hasil jepretannya tetap maksimal dan tahan lama. Ini tips nemunya di katalog CitiBank EasyPay.

Jauhi kapur barus! Memang tampak sepele, tapi sebetulnya dampak kapur barus cukup signifikan dan berbahaya untuk kondisi kamera anda. Selain dapat merusak PCB (Printed Circuit Board) atau chip dalam kamera, uap kapur barus juga dapat menodai lensa.

Tempat kamera yang ideal itu adalah yang dingin, sejuk, dan tidak lembab. Tepi karena lemari khusus kamera tidak murah, anda bisa menggunakan beberapa alternatif cara untuk menyimpan kamera. Pertama, anda bisa menggunakan staples bersih yang diberi silica gel. kedua, anda bisa juga membuat lemari khusus anda sendiri dengan menyediakan lampu pijar dengan daya 5 watt. Tempatkan lampu pijar 40cm diatas kamera.

Cara menyimpan. Untuk menyimpan dengan baik, bukalah pembungkus atau tudung kamera terlebih dahulu sebelum menyimpan. Selain itu, untuk penyimpanan dengan jangka waktu yang cukup lama, lepaskan dan keluarkan baterai dari dalam kamera untuk menghindari terjadi over-discharger pada baterai.

Sunshine away! Saat bepergian atau travelling ke tempat² yang cukup panas, lindungi kamera anda dengan seksama. Hindari sengatan matahari berlebih pada kamera. Karena panas yang cukup lama dan tinggi, dapat merusak bagian kamera yang terbuat dari plastik, karet, serta elemen² elektroniknya.

Bersih…bersih! Bersihkan kamera minimal seminggu sekali. Gunakan lap bersih dan lembut untuk membersihkan bagian luarnya. Sedangkan untuk bagian dalam, gunakan blower yang banyak dijual ditoko kamera. Untuk bagian yang terkena noda, bersihkan dengan bantuan tissue khusus kamera.

Awas air laut! Saat berlibur kepantai, hindarkan kamera anda dari cipratan air laut. Percikan air laut yang bersifat halus dan tidak nampak, serta butir² garam yang terdapat di uap air laut, mampu menjadi sumber karat yang sangat potensial.

Kalau kamera terawat hasil gambarnya bakal lebih baik dan tentu saja lebih panjang umur. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa doakan saya biar cepet bisa beli kamera juga. Soalnya aku suka banget jeprat-jepret, masa’ dari dulu pake kamera HaPe mulu 😀

17 Comments

  1. pudakonline March 21, 2008 Reply
  2. sapta March 24, 2008 Reply
  3. nakbali April 21, 2008 Reply
  4. hape March 23, 2010 Reply
  5. bram June 18, 2010 Reply
  6. Reverse Osmosis August 31, 2010 Reply
  7. Cilacap fotografi January 1, 2013 Reply
  8. Aussie July 8, 2013 Reply
  9. 168sdbet March 5, 2014 Reply
  10. visitprobolinggo.com August 26, 2014 Reply
  11. wsc biolo July 27, 2015 Reply
  12. jamkho July 27, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *