Ghibah selalu berjamaah

Gak ada hujan gak ada angin, tiba-tiba kampung kami dapat bantuan lampu penerangan jalan dari Kelurahan. Tumben²an nih, selama ngontrak dikampung ini sejak 6 tahun yang lalu, barusan ada acara beginian. Kampung kami kebagian 4 lampu TL 40 Watt beserta tiangnya plus kabel dan instalasinya. Pokoke kumplit.
Nah karena penerangan dikampung kami semua pakai lampu TL 20 Watt, sekalian aja kami ganti 40 Watt semua plus 1 lampu mercury 500 Watt untuk diujung gang, biar kinclong sekalian hehe.

Kebetulan besoknya hari libur, sekalian kerja bakti dadakan. Urutan kerjanya gini nih :

  1. Ngerobohin semua tiang lampu lama
  2. Tiangnya di sambung (2 tiang jadi 1) biar panjang (ngontrak tukang las), trus dipasang lampu TL 40 Watt.
  3. Bikin lubang baru buat nancepin tiang.
  4. Tancepin tiangnya sambil dibubukin semen dikit.
  5. Sambungin kabelnya, bikin sekering baru plus saklarnya dipos ronda, rebes deh.

Untuk sekelas kerja bakti dadakan, bisa dibilang sukses besar, gak sampai sore udah pada kelar semua. Jarang² nih kerja bakti kompak begini. Ibu² gak mau kalah, ada yang ngeluarin air mineral gelas sisa lebaran kemaren, ada yang nyetop penjual dawet ayu trus ngeborong semua, dan ada yang paling mantep, nyetop tukang sate ayam hehehe, jadi deh makan² gratis.

Pas lagi istirahat sambil mimik es dawet dan makan sate ayam, seorang tetangga namanya Mas John (bukan nama sebenarnya) barusan datang, yang namanya kerja bakti dadakan ya gak bisa nyalahin warga kalau gak ikutan. Tapi anehnya Mas John datang sambil nutupin wajahnya yang kelihatan bengkak membiru disana sini hampir merata. Jalannya juag gak normal, rada miring². Waktu kami tanya katanya abis jatuh dari motor waktu dibonceng temannya.

Setelah Mas John berlalu, mulai deh ibu² ngegosip, memang sih dilihat dari lukanya seperti bukan habis jatuh, tapi seperti habis digebukin. Wong lukanya bengkak, gak ada goresan sedikitpun. Yang begini nih bikin ngerusak suasana kerja bakti yang kompak, mulai ngerumpi deh hehe, mendingan kabur makan sate dirumah aja bisa nambah nasi sepuasnya :D.

###

PENGUMUMAN !!!!….., sekali lagi PENGUMUMAN !!!!, yang namanya ngerumpi itu bagaimanapun tetap dosa. Kalau ceritanya benar itu namanya GHIBAH, lha kalau gak benar malah lebih parah lagi, jatuhnya jadi FITNAH.

Kita ngomongin ghibah aja ya, kalau fitnah udah jelas dosa besar. Kalau orang pada tahu dosanya ghibah, aseli pada ngabur semua gak pakek acara ngerumpi segala. ALLAH SWT mengibaratkan perbuatan ghibah seperti seseorang yang makan daging saudaranya yang sudah mati (QS.49:12).

Rosululloh SAW pun mengingatkan dengan tegas dosa ghibah ini. Beliau bersabda, “Wahai sekalian orang yang beriman dengan lidahnya sedangkan iman itu belum masuk kedalam hatinya, janganlah kalian menggunjing orang² muslim dan janganlan mencari² aib mereka, karena siapa yang mencari² aib saudaranya, niscaya ALLAH akan mencari² aib dirinya, dan siapa yang ALLAH mencari² aib dirinya, niscaya Dia akan membuka kejelekannya sekalipun dia bersembunyi didalam rumahnya” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban, Ahmad dan al-Baghowi).

Dalam Hadits lain disebutkan, “Ghibah itu lebih keras daripada zina. Mereka bertanya, “bagaimana ghibah lebih keras daripada zina, wahai Rosululloh?, Beliau SAW bersabda, “Sesungguhnya seseorang telah berzina, kemudian bertaubat dan ALLAHpun mengampuni dosanya, sedangkan orang yang melakukan ghibah tidak akan diampuni ALLAH, hingga orang yang di-ghibah-nya mengampuninya” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Ntar dulu, dari tadi kita ngomongin GHIBAH, pada tau nggak sih ghibah apaan???, kira² gini lo, kalau kamu menyebut² orang lain yang tidak ada disisimu dengan suatu perkataan yang membuatnya tidak suka jika mendengarnya, baik menyangkut kekurangan pada fisiknya, seperti rabun matanya, kepalanya botak, badannya terlalu pendek, dll atau yang menyangkut nasabnya atau akhlaknya. Pokoknya intinya bermaksud mencela, entah dengan perkataan atau lainnya, seperti kedipan mata, isyarat, ataupun tulisan.

Ini nih dasarnya :
Rosululloh SAW bersabda, “Apakah kalian tahu apa itu ghibah?” mereka menjawab “Allah dan RosulNya yang lebih tahu”. maka Beliau SAW bersabda, “Engkau menyebut² saudaramu dengan suatu yang tidak dia sukai.” Mereka bertanya lagi, “Bagaimana pendapat engkau jika pada diri saudaraku itu memang ada yang seperti kataku, wahai Rosululloh?, “Beliau menjawab, “Jika pada ndiri saudaramu itu ada yang seperti katamu, berarti engkau telah meng-hgibah-nya, dan jika pada dirinya tidak ada yang seperti katamu, berarti engkau telah menfitnahnya” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Nah masalahnya disini orang yang mendengar ghibah juga kena getahnya, dan dia tidak lepas dari dosa seperti dosa orang yang meng-ghibah. Ini dalilnya. Rosululloh SAW bersabda, “Barang siapa ada orang mu’min yang dihinakan disisinya dan dia sanggup membelanya namun tidak melakukannya, maka ALLAH SWT menghinakannya dihadapan banyak orang kelak pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Kecuali kalau dia bisa mengalihkan pembicaraan kemasalah lain, hendaknya dia lakukan, karena balasannya sangat indah. Rosululloh bersabda, “Barang siapa membela seorang mu’min dari orang munafik yang menggunjingnya, maka ALLAH SWT mengutus seorang malaikat yang menjaga dagingnya dari sengatan neraka jahannam pada hari kiamat kelak” (HR. Abu Dawud, Ahmad, al-Baghowi dan Ibnul Mubarok).

Nah lo, ngerikan dosanya orang yang suka ngerumpi. Tapi memang susah menghindar dari yang beginian, udah menjadi kebiasaan jadi sering kita nggak ngerasa kalau lagi ngomongin orang, asik banget gitu hehehe. Makanya ati².

Wallohu’Alam

Maraji’ : DOSA GHIBAH (Ustadz Abu Qotadah), Majalah Al-Mawaddah Edisi ke-6 Tahun ke-1 Dzulhijjah 1428H – Muharram 1429H

25 Comments

  1. ghuroba January 21, 2008 Reply
  2. ghuroba January 21, 2008 Reply
  3. andry January 21, 2008 Reply
  4. Sandi January 22, 2008 Reply
  5. andry January 22, 2008 Reply
  6. ghuroba January 24, 2008 Reply
  7. andry January 25, 2008 Reply
  8. someone October 27, 2008 Reply
  9. ghuroba October 27, 2008 Reply
  10. someone October 29, 2008 Reply
  11. ghuroba October 29, 2008 Reply
  12. Bagaskara December 18, 2009 Reply
  13. Tej Kohli September 20, 2010 Reply
  14. Paket Umroh awal tahun October 22, 2012 Reply
  15. Toko Bunga Online November 5, 2012 Reply
  16. toko bunga January 31, 2013 Reply
  17. proba April 29, 2013 Reply
  18. jam tangan online August 31, 2013 Reply
  19. Enlever les cernes December 10, 2015 Reply
  20. klikqq February 19, 2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *